Tingkatkan Minat Belajar, Alfamart Berikan Bantuan 500 Buku Tulis Kepada Anak-anak di Kampung Sinau

Jun 12, 2021 15:57
Corporate Communication Regional Manager PT Sumber Alfaria Trijaya M. Faruq Asrori (paling kiri) saat berfoto bersama anak-anak usai memberikan buku tulis di Kampung Sinau, Sabtu (12/6/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES) 
Corporate Communication Regional Manager PT Sumber Alfaria Trijaya M. Faruq Asrori (paling kiri) saat berfoto bersama anak-anak usai memberikan buku tulis di Kampung Sinau, Sabtu (12/6/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES) 

MALANGTIMES - Dalam meningkatkan minat belajar para siswa-siswi di wilayah Kelurahan Sawojajar, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) memberikan bantuan 500 buku tulis kepada ratusan anak yang berada di wilayah Kampung Sinau, Sabtu (12/6/2021). 

Corporate Communications Regional Manager PT Sumber Alfaria Trijaya M. Faruq Asrori mengatakan, bantuan 500 buku tersebut berasal dari uang donasi pelanggan dan bekerjasama dengan Yayasan Mizan Amanah. 

"Bantuan 500 paket buku ini kerja sama kita dengan Yayasan Mizan Amanah. Ini kampung fenomenal di Malang. Dengan sosialisasi dan belajar bersama diharapkan jiwa sosialnya bisa terwujud dan berinteraksi dengan teman-teman sekitar," ungkapnya kepada MalangTIMES.com. 

Pihaknya pun menuturkan, bahwa bantuan 500 paket buku tulis ini diberikan kepada lebih dari 100 anak yang berada di wilayah Kampung Sinau. Selain karena fenomenal, harapannya anak-anak yang berada di wilayah Kampung Sinau dapat meningkatkan prestasi. 

Faruq pun memberi contoh seperti Kampung Sinau yang berada di wilayah Kelurahan Cemorokandang, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang yang berhasil membina anak-anak di wilayahnya hingga berprestasi di Jerman. 

"Ada kegiatan tari, pentas seni, mengaji, membaca dan bermain. Seperti Cemorokandang kan sampai ke Jerman, jadi harapannya kedepan bisa seperti itu," ujarnya. 

Anak-anak saat menikmati koleksi buku dari Kampung Sinau, Kelurahan Sawojajar, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang.

Sementara itu, Ketua RW 06, Kelurahan Sawojajar, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang Catur Edi Widodo (62) menjelaskan bahwa Kampung Sinau yang berada di wilayahnya tersebut terbentuk pada tahun 2017. 

"Dan di tahun 2018 kita mendapatkan bantuan ratusan buku dengan berbagai judul dari Perpustakaan Nasional," ujarnya. 

Namun, ketika pada tahun 2020 terdapat wabah pandemi Covid-19 yang menyebabkan kegiatan-kegiatan yang biasa dilakukan setiap hari Minggu di Kampung Sinau vakum. 

Edi mengaku bahwa ketika datangnya wabah pandemi Covid-19, Alfamart pertama kali yang memberikan bantuan berupa buku tulis untuk meningkatkan minat belajar anak-anak. 

"Saat pandemi Covid-19, Alfamart yang pertama memberikan bantuan kepada kita. Mudah-mudahan dengan bantuan ini bisa bermanfaat, khususnya bagi yang berekonomi kurang mampu," tuturnya. 

Selain itu, diberikannya 500 paket buku dari Alfamart yang bekerjasama dengan Yayasan Mizan Amanah juga meningkatkan lagi tujuan awal dibentuknya Kampung Sinau yakni untuk mengurangi intensitas anak-anak mengoperasikan gadget. 

"Di sini kita bermain dan belajar. Terutama permainan tradisional hingga belajar mewarnai. Tujuan kita ingin mengubah kebiasaan anak-anak yang biasa bermain gadget saja. Dirubah supaya dia bisa berinteraksi dengan sesama temannya," tandasnya. 

Sementara itu, salah satu anak yang menerima bantuan buku bernama Muhammad Rizal Pratama (11) mengaku senang. Karena meskipun saat ini masih di tengah pandemi Covid-19 dirinya masih tetap bisa belajar. 

"Saya senang. Buku ini nanti buat belajar dan buat kebutuhan pas di sekolah," pungkasnya (ADV).

Topik
m faruq asroribantuan bukuKampung Sinaudonasi alfamartcalon jamaah haji pamekasan

Berita Lainnya

Berita

Terbaru