Angka Kunjungan Wisata di Kota Batu Capai 803.554 Wisatawan

Jun 12, 2021 10:21
Wisatawan saat berswafoto di Batu Love Garden. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Wisatawan saat berswafoto di Batu Love Garden. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

BATUTIMES - Tercatat hingga awal bulan Juni 2021, data dari Dinas Pariwisata Kota Batu angka kunjungan di Kota Batu tembus 803.554 wisatawan. Dengan kondisi pandemi Covid-19 ini, jumlah tersebut masih dirasa cukup tinggi.

Ditambah di tengah pandemi Covid-19 beberapa saat lalu terdapat larangan mudik. Sehingga jumlah kunjungan tersebut terbilang cukup tinggi.

“Dilihat data Dinas Pariwisata Kota Batu jumlah kunjungan enam bulan ini cukup tinggi. Data ini terbagi dalam kunjungan triwulan I (bulan Januari-Maret) kunjungan triwulan II (bulan April-Juni),” ungkap Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso.

Dari jumlah tersebut terbagi atas dua kunjungan. Yakni tamu hotel sebanyak 169.019 wisatawan dan destinasi wisata sebanyak 634.535 wisatawan.

Rinciannya kunjungan triwulan I (bulan Januari-Maret) mencapai 495.155 wisatawan nusantara (wisnus) dan 10 wisatawan mancanegara (wisman). Lalu kunjungan triwulan II (bulan April-Juni) mencapai 308.385 wisnus dan empat wisman.

Dalam kunjungan triwulan I lebih tinggi lantaran berbeda dengan triwulan II adanya larangan mudik. Jika tidak ada larangan mudik bisa menjadi peluang menambah wisatawan, mengingat Kota Batu menjadi salah satu tujuan wisatawan saat liburan.

“Kalau triwulan pertama tidak ada pembatasan pergerakan warga antar daerah. Sedangkan di triwulan ke dua ada pembatasan atau larang mudik sehingga terlihat dari angka kunjungan,” tambahnya.

“Memang dengan aturan larangan mudik itu sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19 dari cluster mudik. Sehingga dampaknya larang kunjungan wisatawan,” jelas politisi PDIP ini.

Topik
Dinas Pariwisata Kota Batularangan mudikPunjul Santoso

Berita Lainnya

Berita

Terbaru