Kalahkan Turki, Italia Jadi Tim Pertama Raih Poin di Euro 2020

Jun 12, 2021 08:15
Lorenzo Insigne (10) saat merayakan gol (foto: Instagram @Euro2020)
Lorenzo Insigne (10) saat merayakan gol (foto: Instagram @Euro2020)

MALANGTIMES - Italia sukses catatkan tiga poin perdana di laga pembuka Euro 2020 Grup A menghadapi Turki di Stadion Olimpico, Roma, Sabtu (12/6/2021) dini hari.

Sejak menit awal babak pertama, skuad asuhan Roberto Mancini itu langsung menggempur pertahanan Turki. Beberapa variasi serangan Italia mulai dari lini tengah hingga sisi sayap coba dimaksimalkan untuk membuat lubang pada pertahanan lawan.

Namun, Turki mampu merusak gaya permainan Italia. Bahkan, trio penyerang Gli Azzurri yakni Ciro Immobile, Lorenzo Insigne dan Domenico Berardi tidak mampu menggoyahkan pertahanan Ay-Yildizlilar yang digalang stopper Leicester City, Caglar Soyuncu.

Beberapa peluang juga tidak membuat kiper Turki Ugurcan Cakir kesulitan untuk mengamankan gawangnya. Salah satunya yakni tandukan Giorgio Chiellini pada menit ke 22 yang ditepis sempurna  oleh kiper yang diminati oleh Liverpool itu.

Turki pun bukan tanpa peluang, menit ke 35 pertahanan Italia hampir saja kebobolan jika Donnarumma tak cepat menyelamatkan pertahanannya dari sergapan Ozan Tufan.

Hingga peluit panjang tanda berakhir babak pertama, Italia yang didukung penuh suporternya tak mampu membuat gawang Turki bergoyang. Skor 0-0 menutup babak pertama.

Memasuki babak kedua, Roberto Mancini nampaknya membuat pesan khusus bagi skuadnya yang berlaga. Karena serangan yang dibangun dari bawah, terlihat sangat terstruktur dan berbeda dari babak pertama.

Dan menit ke 53, bek Juventus asal Turki Merih Demiral membuat gol bunuh diri setelah gagal menghalau sempurna crossing Domenico Berardi dari sisi kanan penyerangan Italia.

Gol tersebut membuat skuad Italia semakin menguasai jalannya pertandingan. Penguasaan bola dengan umpan-umpan pendek mampu diperagakan oleh Jorginho dkk.

Tak berselang lama, Ciro Immobile mampu menggandakan skor Italia lewat gol yang dicetak pada menit ke 66. Striker Lazio itu mampu mengoyak gawang Turki setelah menerima bola liar hasil shooting rekan setimnya, Leonardo Spinazzola.

Turki semakin terbenam kalau Lorenzo Insigne mampu menciptakan gol indah ketiga Italia melalui plesing sempurna dan membuat kiper Turki Ugurcan Cakir tak mampu berbuat apa-apa.

Skor telak 3-0 bertahan hingga wasit menyudahi pertandingan perdana Euro 2020. Italia sukses menjadi tim pertama yang meraih tiga poin pada ajang turnamen antar negara di benua Eropa tersebut.

Berikut susunan pemain Italia vs Turki pada Euro 2020

Turki: Ugurcan Cakir, Mehmet Zeki Celik, Merih Demiral, Caglar Soyuncu, Umut Meras, Okay Yokuslu, Kenan Karaman, Ozan Tufan, Yusuf Yazici, Hakan Calhanoglu; Burak Yilmaz

Italia: Gianluigi Donnarumma, Alessandro Florenzi, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Leonardo Spinazzola, Nicolo Barella, Jorginho, Manuel Locatelli, Domenico Berardi, Ciro Immobile, Lorenzo Insigne

Topik
pemain veteranroberto manciniserial anime

Berita Lainnya

Berita

Terbaru