Kunjungi Sekolah SPI Kota Batu, KPAI Pastikan Sekolah tidak Ditutup

Jun 11, 2021 20:38
Suasana sekolah SPI Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Suasana sekolah SPI Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

BATUTIMES - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) memastikan sekolah Selamat Pagi Indonesia (SPI) Kota Batu tidak ditutup. Hal tersebut diungkapkan oleh Komisioner KPAI Putu Elvina saat mengunjungi sekolah SPI di Jalan Raya Pandanrejo, Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji Jumat (11/6/2021).

Komisioner KPAI Putu Elvina mengatakan, menutup sekolah bukan sebuah soluasi yang tepat. “Kami (KPAI) memastikan supaya jangan sampai sekolah ditutup,” katanya.

Ia pun meminta supaya masyarakat fokus pada proses hukum. Sementara para siswa SPI harus fokus menerima pendidikan di sekolah. 

Tidak hanya itu, beberapa hal yang menjadi dugaan pada manajemen belajar seperti jam belajar dan praktik lapangan harus diperbaiki. Praktik lapangan yang diterima anak-anak harus ditinjau kembali oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dan Dinas Pendidikan Kota Batu.

Lalu  juga pada Dinas Ketenagakerjaan agar memastikan terkait adanya laporan anak-anak yang dipekerjakan. Perlu adanya upaya teguran terhadap pihak tersebut. 

“Perlu ada Assessment, tidak bisa asal tuduh. Kami juga meminta Dinas Pendidikan Provinsi dan Kota Batu sinergi. Untuk proses belajar mengajar optimal pada saat kembali normal,” tambahnya.

Usai kunjungannya ke SPI Kota Batu, KPAI juga bertemu dengan Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko. KPAI juga mendorong agar Dewanti beserta jajarannya juga dapat memastikan upaya pemenuhan dan perlindungan anak.

Topik
Komisi Perlindungan Anak Indonesiagli azzurririsna amaliasekolah ternama kota batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru