Upaya Lahirkan Lulus Berkompeten, FEB Unisma Resmikan Islamic Bank Laboratory

Jun 11, 2021 17:53
Rektor Unisma, Prof Dr Maskuri MSi (paling kanan) didampingi Dekan FEB Nur Diana SE MSi (dua dari kanan) dan juga beberapa mitra kerja maupun perbankan dari Unisma saat meresmikan Islamic Bank Laboratory (Anggara Sudiongko/MALANGTIMES)
Rektor Unisma, Prof Dr Maskuri MSi (paling kanan) didampingi Dekan FEB Nur Diana SE MSi (dua dari kanan) dan juga beberapa mitra kerja maupun perbankan dari Unisma saat meresmikan Islamic Bank Laboratory (Anggara Sudiongko/MALANGTIMES)

MALANGTIMES - Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Islam Malang (Unisma) meresmikan Islamic Bank Laboratory FEB Unisma, Jumat (11/6/2021). Peresmian tersebut dilakukan langsung oleh Rektor Unisma Prof Dr Maskuri MSi  didampingi Dekan FEB Nur Diana SE MSi dan juga beberapa mitra kerja maupun perbankan dari Unisma.

Prof Maskuri menjelaskan, dengan dilaunchingnya Mini Bank ini tentunya diharapkan mampu untuk semakin meningkatkan kompetensi para mahasiswa sehingga menjadi lulusan yang berkualitas dan mampu untuk berdaya saing. 

4

"Unisma sedang menabuh genderang perubahan dan melompat setinggi-tingginya untuk mencapai cita-cita luhur memberikan kontribusi positif untuk bangsa dan negara," jelasnya ketika memberikan sambutan dalam launching, Jumat (11/6/2021).

Dalam pendirian Islamic Bank Laboratory FEB Unisma, juga bekerjasama sama dengan Bank Syariah Indonesia (BSI). Karenanya, pihaknya juga berharap ke depan Direktur Utama BSI bisa juga untuk memberikan kuliah umum pada beberapa program studi di Unisma.

"Ini yang saya harapkan," tegasnya.

Sementara itu, mengenai Islamic Bank Laboratory, Dekan Nur Diana SE MSi mendetailkan, merupakan jawaban atas tantangan untuk memenuhi kebutuhan SDM di bidang perbankan syariah. Sebab, selama ini SDM pada bidang tersebut masih belum bisa memenuhi harapan dari dunia industri perbankan. 

1

"Untuk itulah kami bekerjasama dengan dunia industri sejalan dengan kebutuhan kurikulum merdeka belajar. Industri harus berperan dalam pengembangan SDM," bebernya.

Islamic Bank Syariah ini merupakan teaching factory, yang diharapkan untuk fungsi pembelajaran, sehingga mahasiswa belajar mengenai hal praktis dalam keseharian pelayanan perbankan, mulai dari Teller, Customer Service, Supervisor, dan Back Office dan lain lain.

3

"Melakukan praktek-praktek hardskill," ujarnya.

Karena itulah, dalam upaya pengembangan SDM itu,  Islamic Bank Laboratory melibatkan SDM BSI dalam memberikan materi-materi nyata dalam perbankan syariah guna melahirkan para lulusan yang memang berkompeten dalam bidang tersebut. 

Langkah konkritnya, terdapat beberapa kegiatan yang telah dilakukan, seperti halnya workshop, termasuk juga dengan sertifikasi dosen yang memberikan pembelajaran dalam materi yang berkaitan dengan perbankan, khususnya perbankan syariah maupun yang sesuai dengan kompetensi kebutuhan BSI. 

2

"Kemarin kamu sudah melakukan serangkaian kegiatan mulai dari training of trainer (ToT), instal dari sistem aplikasi BSI sampai pembekalan magang mahasiswa . Sehingga harapannya juga, nanti bisa ditemukan SDM yang sesuai dengan standar BSI," pungkasnya.

Topik
Universitas Islam Malangislamic bank laboratoryblk ln pt cksrektor unisma prof maskuri

Berita Lainnya

Berita

Terbaru