Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19, Kepala BNPB Tinjau RS Lapangan Idjen Boulevard

Jun 11, 2021 17:45
Kepala BNPB sekaligus Ketua Satgas Covid-19 Pusat Ganip Watsito, saat ditemui awak media usai melakukan peninjauan RS Lapangan Idjen Boulevard Kota Malang, Jumat (11/6/2021). (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Kepala BNPB sekaligus Ketua Satgas Covid-19 Pusat Ganip Watsito, saat ditemui awak media usai melakukan peninjauan RS Lapangan Idjen Boulevard Kota Malang, Jumat (11/6/2021). (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Kasus Covid-19 yang urung melandai menjadi perhatian pemerintah pusat. Terlebih, baru-baru ini, lonjakan kasus di Jawa Timur (Jatim) cukup menjadi sorotan. Seperti di wilayah Bangkalan, Madura dan Surabaya. 

Hal inilah yang menjadikan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Ganip Warsito meninjau Rumah Sakit (RS) Lapangan Idjen Boulevard Kota Malang, Jumat (11/6/2021) sore.

Peninjauan ini untuk memastikan kesiapan tim, sarana, dan prasarana dalam mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi di wilayah Jatim belakangan ini.

"Saya datang ke Kota Malang ini khusus untuk meninjau rumah sakit lapangan. Semua yang ada di sini, saya cek. Saya pastikan, baik itu menyangkut masalah nakes (Tenaga Kesehatan)-nya, dokter, perawat dan relawan. Juga fasilitas dan obat-obatan semua dalam keadaan siap," ujarnya.

Dalam kunjungannya kali ini, Ganip juga memastikan jumlah pasien yang saat ini di rawat di rumah sakit lapangan. Di mana, kondisinya dinilai masih memungkinkan bilamana kemudian terjadi penambahan kasus yang tinggi di Jatim untuk diisi oleh pasien dari wilayah lain.

"Kondisi yang dirawat sekarang itu cukup rendah. Sehingga itu bisa menjadi satu antisipasi nanti manakala terjadi ledakan (kasus Covid-19) di tempat yang lain. Tapi kita tidak berharap itu, karena kita sudah melakukan berbagai upaya pengendalian," imbuhnya.

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Pusat ini menjelaskan, upaya pengendalian kasus saat ini yang dilakukan yakni dengan bekerja sama dengan Satgas daerah. Baik di lingkup antar provinsi, maupun tingkat Kabupaten/Kota. Beberapa langkah yang ditempuh untuk pengendalian kasus Covid-19, di antaranya upaya pendampingan. Hal ini untuk memperbaiki manajemen lapangan dalam rangka penanganan Covid-19 yang terjadi di wilayah.

Kemudian, melakukan langkah-langkah penguatan. Yakni, penguatan dari aspek tenaga medis, obat-obatan, maupun di lapangan. "Di lapangan ini dengan pengetatan program ataupun pelaksanaan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Mikro. Ini dalam rangka kita untuk menegakkan protokol kesehatan," jelasnya.

Termasuk, lanjut Ganip, imbauan kepada masyarakat untuk selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Mulai dari mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas. "Utamanya dalam menggunakan masker ketika beraktivitas. Ini penting untuk menjaga diri," terangnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga mengoptimalkan sinergitas dengan berbagai pihak. Di antaranya dengan para tokoh, baik tokoh agama, tokoh adat hingga tokoh masyarakat untuk melakukan sosialisasi dan edukasi akan pentingnya protokol kesehatan dan penggunaan masker.

"Kemudian kalau ada program vaksinasi jangan ragu-ragu untuk vaksin. Karena vaksin untuk menjaga tubuh kita, menjaga kondisi kita terstimulus," tandasnya.

Topik
Covid 19 Jatimganip warsitofakultas ekonomi unismaRS Lapangan Idjen Boulevardberita covid 19 kota malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru