Saktinya Telepon Jokowi, 49 Pelaku Pungli Sopir Truk Diamankan Polisi

Jun 11, 2021 14:42
(Foto: Pexels)
(Foto: Pexels)

INDONESIATIMES - Presiden Joko Widodo (Jokowi) merespon keluh kesah para sopir truk kontainer yang kerap berhadapan dengan pungli oleh karyawan dan preman di wilayah Tanjung Priok, Kamis (10/6/2021) kemarin.

Jokowi secara langsung menelpon Kapolri Jenderal Listyo Sigit untuk menangani kasus tersebut, dihadapan para sopir truk kontainer.

Hanya sekitar satu hari dari telepon Jokowi, Jumat (11/6/2021) kepolisian bergerak cepat dan mengamankan 49 pelaku pungli. Mereka ditangkap dari titik berbeda, dari jalan raya hingga pelabuhan Tanjung Priok.

Hal ini dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus yang mengatakan, 42 pelaku pungli di kawasan tersebut telah diamankan pihaknya.

"Sebagian pelaku karyawan, sisanya preman. Mereka meminta uang (ke sopir truk, red) dari Rp 2 ribu, 5 ribu, hingga Rp 20 ribu," ucap Yusri seperti dikutip berbagai media.

Modus pungli yang dilakukan, lanjut Yusri, adalah dengan tidak akan mengangkat kontainer bila sopir tak membayar. Kalau sopir menolak membayar, maka disuruh minggir. "Ini permainan jahat. Pungli diterapkan mulai di pos satu hingga pos lima. 49 pelaku ini baru sebatas di permukaan," ujarnya.

Kapolda Metro Jaya, masih kata Yusri, telah memerintahkan membentuk tim untuk menyisir adanya pungli tersebut sampai ke aktor utamanya di depo kontainer Tanjung Priok.

Berikut telepon Jokowi ke Kapolri Jenderal Listyo Sigit, seperti dikutip dari akun YouTube Sekretariat Presiden.

Presiden Jokowi:

"Enggak, ini saya di Tanjung Priok. Banyak keluhan dari para driver kontainer yang berkaitan dengan pungutan liar, Pungli di Fortune, Ebixipti one, kemudian di Depo Dwipa. Pertama itu,"

Kapolri

"Siap,"

Presiden Jokowi

"Yang kedua juga kalau pas macet itu banyak driver-driver yang dipalak sama preman-preman. Ini keluhan tolong bisa diselesaikan. Itu saja Pak Polri,"

Kapolri

"Siap, sekarang Bapak,"

Presiden Jokowi

"Iya, terima kasih Bapak Polri," 

Topik
JokowiJoko WidodoKasus Dugaan Punglikapolri listyo sigitKapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowokapolri sigit listyo

Berita Lainnya

Berita

Terbaru