Siapkan Lulusan dengan Kemampuan Hafalan Al-Quran, UIN Maliki Malang Segera Dilengkapi Rumah Tahfiz

Jun 11, 2021 14:31
Suasana istigasah, khatmil quran, dan shalawat nabi UIN Maliki Malang pada setiap Minggu, dihadiri oleh seluruh jajaran UIN Maliki Malang (Ist)
Suasana istigasah, khatmil quran, dan shalawat nabi UIN Maliki Malang pada setiap Minggu, dihadiri oleh seluruh jajaran UIN Maliki Malang (Ist)

MALANGTIMES - Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki) Malang rutin menggelar istigasah, khatmil quran, dan shalawat nabi pada setiap Minggunya. Dalam kegiatan yang berlangsung pada Jumat, (11/6/2021) di Fakultas Kedokteran tersebut, juga disisipi dengan pembahasan mengenai Kurikulum Rumah Tahfiz Al-Quran.

Rektor UIN Maliki Malang, Prof Abdul Haris menjelaskan, jika para mahasiswa, khususnya mahasiswa pada fakultas umum, seperti Fakultas Sains dan Teknologi, kemudian Fakultas Kedokteran pada semua prorgam studi difasilitasi untuk menghafal Al-Quran. Hal itu, ditegaskan Rektor asal Lamongan itu menjadi sebuah distingsi dari UIN Maliki Malang.

"Tapi sebetulnya saya ingin semua fakultas. Kita rangsang, kita fasilitasi untuk menghafal Al-Quran. Dengan begitu, tentunya akan terbalik jadinya, sehingga menjadi pemacu, fakultas umum saja bisa apalagi fakultas yang spesifik ke agama," ungkapnya.

Kurikulum rumah Tahfiz Al-Quran nantinya akan ditawarkan kepada mahasiswa untuk menghafalkan 30 juz ataupun sebagian ayat-ayat yang memang berkaitan dengan keilmuan yang ditempuh oleh para mahasiswa. 

"Misalnya untuk kedokteran, ya ayat-ayat yang terkait dengan hal tersebut. Kalau untuk menghafal Al-Quran ini merupakan pilihan, tapi kalau bisa membaca Al-Quran merupakan hal yang wajib," paparnya.

Q

Rumah Tahfiz sendiri saat ini dalam tahap pembangunan berlokasi di sekitar Fakultas Kedokteran. Ditargetkan pada Juli sudah selesai. Saat ini pembangunan masih sekitar 60 persen.

"Rencananya diresmikan 7 Juli 2021. Pembangunan masih sampai lantai satu, kita harapkan segera selesai," terangnya.

Sementara itu, dengan berjalannya kurikulum Rumah Tahfiz nantinya, pihaknya berharap, agar lulusan UIN Maliki Malang bisa menjadi lulus yang berkualitas baik dari kompetensi maupun dari sisi religiusitas.

"Diharapkan para lulusan nanti punya kemampuan menghafal Al-Quran, Al-Quran menjadi pedoman dalam mengarungi kehidupan mereka," pungkasnya.

Topik
UIN Maliki MalangUIN MalangProf Abdul Harisrumah tahfiz

Berita Lainnya

Berita

Terbaru