Ini Lima Upaya Dinas Kesehatan Kota Batu Cegah Covid-19 Varian Inggris

Jun 11, 2021 09:44
Tenaga kesehatan saat melakukan vaksinasi covid-19 kepada Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko beberapa saat lalu.
Tenaga kesehatan saat melakukan vaksinasi covid-19 kepada Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko beberapa saat lalu.

BATUTIMES - Munculnya covid-19 varian Inggris yang sudah masuk ke Jawa Timur tidak bisa dianggap sepele. Karena itu, ada lima hal pencegahan yang dilakukan Dinas Kesehatan Kota Batu agar virus tersebut tidak masuk ke Kota Batu.

Lima poin  itu pertama, patuh pada 5M (memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta, membatasi mobilisasi dan interaksi). 

Kedua,  peningkatan kewaspadaan nakes (tenaga kesehatan) dalam menjalankan tugas seperti mematuhi SOP. Kemudian penggunaan alat pelindung diri (APD) yang sesuai.

Ketiga jaga diri. Keempat jaga imunitas. Kelima konsumsi gizi dan suplemen yang baik. Dan keenam istirahat cukup.

Selain itu, jika didapati warga terkonfirmasi covid-19 varian Inggris, harus dilakukan tracing lebih cepat.

“Kalau ditemukan ada yang terkonfirmasi positif covid-19 varian Inggris, kami akan gerak cepat untuk tracing kepada mereka yang kontak erat dengan korban. Ya 20-30 orang dengan cepat,” kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Batu dr Susana Indahwati.

Tracing lebih cepat itu sebagai upaya mencegah penularan covid. Pada kasus konfirmasi berulang, jika ditemukan kadar CT<25, akan dilakukan pemeriksaan sequensing virus.  Pemeriksaan sequensing virus akan dilakukan  di Surabaya. 

Dinkes Kota Batu  juga mempercepat vaksinasi covid-19, khususnya kepada pedagang dan pelaku wisata. Sebab, mereka yang sering  kontak erat wisatawan luar daerah.

“Hingga saat ini alhamdulillah belum ada warga Kota Batu yang terkonfirmasi positif covid-19 varian Inggris. Dengan beberapa poin tadi, itu upaya kami untuk pencegahan,” ucap Susana.

Topik
pencegahan covid 19Dinkes Kota BatuCalon pekerja migran kabur

Berita Lainnya

Berita

Terbaru