Dishub Kota Batu Sidak Tempat Parkir Alun-Alun Kota Batu, Temui Jukir Salahi Perda

Jun 10, 2021 19:04
Dinas Perhubungan Kota Batu saat sidah di area Parkir Alun-Alun Kota Batu.
Dinas Perhubungan Kota Batu saat sidah di area Parkir Alun-Alun Kota Batu.

BATUTIMES - Dinas Perhubungan Kota Batu inspeksi mendadak (sidak) dalam operasi gabungan menyasar Alun-Alun Kota Batu, Kamis (10/6/2021). Hasilnya, Tim Gabungan ini menemui adanya pelanggaran peraturan daerah terkait pelayanan parkir. 

“Kami melakukan pembinaan sekaligus pengawasan monitoring dan evaluasi terhadap masalah perparkiran khususnya di kawasan Alun-Alun Kota Batu,” katanya Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kota BatuAdiek Imam Santoso.

Sidak itu dilakukan pada di area parkir Alun-Alun Kota Batu. Petugas melihat kelengkapan yang ada di sana, mulai dari karcis yang dipegang oleh juru parkir. Kemudian identitas pada juru pakir.

Kemudian petugas juga melakukan penyitaan terhadap plank parkir, lantaran menyalahi aturan. “Ada rambu yang tidak sesuai dengan peraturan daerah,” ucapnya.

Tidak sesuainya perda yang ada di kawasan parkir itu adalah lantaran memungut lagi untuk pembayaran helm. Ya di sama jika ingin menitipkan helm pengunjung harus membayar lagi sebesar Rp 1.000 per unitnya.

“Kalau yang semestinya pembayaran parkir roda dua Rp 2 ribu sudah plus kelengkapan seperti helm. Sedangkan untuk roda 4 bayarnya parkir Rp 3 ribu,” tambahnya. 

 “Tidak ada pungutan untuk helm. Kalau dilihat itu ada helm bayar seribu itu salah jelas melanggar, langsung kita ambil,” terang bapak tiga anak ini. 

Menurutnya setelah melihat kawasan tempat parkir di sana masih ada kekurangan fasilitas. Misalnya harus melengkapi rambu parkir yang di rasa masih kurang. “Adanya kekurangan fasilitas parkir diakui seperti rambu parkir,” jelasnya.

Dengan pengawasan itu dilakukan agar ke depan para juru parkir taat akan perda yang sudah ditetapkan. Selain itu membayarkan 40 persen hasil parkir sesuai dengan perda.

Sementara itu  retribusi parkir tepi jalan hingga memasuki bulan ke 6 masih menyentuh Rp 139 juta dari target Rp 8,5 miliar.

Topik
Berita BatuDishub Kota Batuimam adiek santoso

Berita Lainnya

Berita

Terbaru