PPDB SD Jalur Prestasi Nilai Rapor, Ini Keluhan Para Wali Murid

Jun 08, 2021 17:02
Nampak para wali murid tengah mendatangi posko PPDB (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Nampak para wali murid tengah mendatangi posko PPDB (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Posko Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang banyak didatangi para wali murid, Selasa (8/6/2021). 

Para wali murid banyak mengeluhkan mengenai tidak tercantum SD swasta dalam sistem PPDB saat mendaftar melalui jalur prestasi nilai rapor.

Dalam PPDB jalur prestasi nilai rapor ini, memang terbuka untuk SD negeri maupun swasta. Akan tetapi, dalam sistem PPDB sempat hanya memunculkan nama-nama SD negeri saja. 

Drs Dodik Teguh Pribadi, MPd Kepala Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang mengungkapkan, memang sempat terjadi nama sekolah swasta tidak muncul dalam sistem. Akan tetapi saat ini, kendala tersebut telah teratasi.

Kendala tersebut dijelaskannya lantaran adanya proses verifikasi data yang dilakukan, sehingga ketika memasuki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) SD maupun MI maka nama sekolah belum akan muncul dalam sistem. 

Penambahan data peserta yang diusulkan sekolah beberapa juga mengalami penambahan dari data yang disetorkan sebelumnya dengan nilai raport minimal 8,5.

"Misalkan ada 10 yang sudah diusulkan, kemudian ada penambahan lima, sehingga itu akan diverifikasi lagi nilainya. Apakah memang benar nilainya sesuai. Tapi sudah aman karena sudah diverifikasi," jelasnya. 

Sementara itu, salah satu Wali Murid siswa dari SD Santo Yusuf, Sri Darmawati yang mendatangi posko PPDB menjelaskan, jika dirinya memang mengalami kesulitan dalam proses pendaftaran lantaran sekolah asal anaknya tidak muncul dalam sistem. Untuk itu ia kemudian datang ke posko PPDB untuk meminta bantuan dalam proses pendaftaran tersebut. Pihaknya mengaku telah mencoba melakukan pendaftaran melalui laptop dan Hp, akan tetapi nama sekolah anaknya tetap tidak muncul.

"Tapi pas diinput di sini langsung bisa, nggak sampai lima menit. Sekarang sudah selesai," pungkasnya.

Topik
PPDB SD Kota Malangwali murid sd kota malangDisdikbud Kota Malangppdb 2021berita kota malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru