Tanah Ambles Ancam Pemilik Rumah di Kota Batu

Jun 07, 2021 21:53
Kondisi tanah ambles di di Jalan Imam Bonjol, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Senin (7/6/2021). (Foto: istimewa)
Kondisi tanah ambles di di Jalan Imam Bonjol, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Senin (7/6/2021). (Foto: istimewa)

BATUTIMES - Tanah ambles terjadi di Jalan Imam Bonjol, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Senin (7/6/2021). Kejadian tersebut terjadi lantaran adanya bekas galian pasir serta rembesan air dari sungai yang berada di belakang rumah Suriati. Terlihat tanah yang ambles di ruang dapur dan kamar mandi itu cukup dalam. 

Kabar tanah ambles di dalam rumah warga itu pun kini tengah ditangani Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu. “Yang membahayakan penghuni rumah dan septic tank ambles dengan dimensi panjang 5 meter, Lebar 5 meter dengan kedalaman 8 meter,” ucap Kepala BPDB Kota Batu, Agung Sedayu.

Ia menambahkan, tanah ambles terjadi karena adanya rembesan air dari sungai yang berada di belakang rumah. Dan adanya bekas galian pasir yang menjadi pemicu terjadinya tanah ambles. 

“Akibatnya rumah milik Ibu Suriati yang dihuni oleh bapak Suyik terdampak di bagian ruang dapur dan kamar mandi yang membahayakan penghuni rumah,” tambahnya.

Lantaran kondisi tersebut penghuni rumah sementara harus mengungsi di rumah saudara. Ke depan harus dilakukan pengurukan bagian tanah yang ambles. Kemudian Pemkot Batu akan memberikan bantuan logistik. 

Sementara di Kecamatan Batu memang sering kali mengalami tanah ambles. Lantaran bangunan rumah berdiri di atas lahan bekas galian pasir dan batu. 

Topik
Tanah AmblesBPBD Kota BatuAgung Sedayu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru