Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Tekno

Google Hadirkan Fitur Antilacak bagi Pengguna Android

Penulis : Desi Kris - Editor : Heryanto

07 - Jun - 2021, 08:00

Google (Foto: La Stampa)
Google (Foto: La Stampa)

INDONESIATIMES - Google saat ini akan membiarkan pengguna Android untuk memilih apakah mereka mau dilacak datanya oleh pengiklan atau tidak. Opsi tersebut akan tersedia pada akhir 2021 melalui pembaruan layanan Google Play Store.

Melansir melalui laman Straits Times, pengembang aplikasi tak lagi bisa melihat data pengguna jika mereka menolak untuk menerima iklan yang dipersonalisasi. Namun, fitur ini harus diaktifkan terlebih dulu dan bukan langsung muncul secara default.

Hal tersebut mirip dengan apa yang dilakukan Apple lewat iOS 14.5. Seperti diketahui, sebelumnya Apple telah menghadirkan fitur anti pelacak data demi melindungi privasi pengguna.

Fitur itu sebenarnya sudah dipertimbangkan oleh Google selama berbulan-bulan. Bahkan, perusahaan telah mencari cara untuk memberi keleluasaan lebih banyak ke pengguna Android terkait pelacak data bagi para pengiklan.

Pada Mei lalu, Google mengatakan akan menghadirkan fitur baru di Play Store untuk menampilkan informasi apa saja yang direkam aplikasi. Aplikasi ini mirip dengan label privasi yang sudah dihadirkan Apple di laman aplikasi App Store.

Di sisi lain, para pengembang aplikasi memperkirakan akan kehilangan pendapatan jika fitur ini dihadirkan. Sebab, sebagian besar konsumen kemungkinan tidak akan setuju jika aplikasi mengumpulkan data mereka.

Sebagai informasi, Apple berhasil mengguncang industri periklanan seluler pada April lalu setelah menghadirkan fitur App Tracking Transparency atau anti pelacak data. Dengan ini fitur tersebut, pengguna bisa memilih aplikasi mana yang boleh melacak data dari ponsel ataupun tidak mau dilacak sama sekali.


Topik

Tekno


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

Heryanto