Sosok Bapak di Gambar Keluarga Kaleng Biskuit Khong Guan Terbongkar, Ada di Sebuah Buku?

Jun 06, 2021 10:02
Terjawab sosok Bapak dalam keluarga bisuit Khong Guan. (Foto: Ladybird Fly Away Home).
Terjawab sosok Bapak dalam keluarga bisuit Khong Guan. (Foto: Ladybird Fly Away Home).

INDONESIATIMES - Siapa yang tak kenal dengan biskuit Khong Guan? Warna merah kaleng yang khas bergambar potret keluarga Ibu, dan kedua anaknya saat tengah menyantap kudapan lezat ini seakan menjadi kudapan wajib di hari Idul Fitri.

Ya, biskuit Khong Guan seakan telah mendarah daging di kalangan masyarakat tanah air. Selain khas, hal menarik lainnya yakni tampilan kaleng biskuit Khong Guan merah yang ikonik. Publik bahkan banyak yang mempertanyakan di mana sosok ayah dalam gambar keluarga tersebut.

Pasalnya, dari awal kemunculannya hingga saat ini, ikon wajah di kaleng biskuit Khong Guan tak pernah berubah. Lantas benarkah sosok Ayah dalam potret tersebut selama ini ada dalam sebuah buku?

 

Tampilan kaleng khas biskuit Khong Guan. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

 

Dilansir dari berbagai sumber, seluk beluk proses dari gambar ikonik biskuit Khong Guan dibuat oleh seniman Bernardus Prasodjo. Kala itu, ia mengaku mendapat pesanan untuk membuat gambar kemasan kaleng biskuit Khong Guan pada 1971.

Bernardus mengatakan kalau ide gambar tersebut dibuat sesuai permintaan pemesan. Di mana, ia mendapatkan contoh dari majalah lusuh yang kemudian minta diganti beberapa ornamen dan sudut kemiringannya.

Namun, baru-baru ini asal-usul gambar keluarga di kaleng biskuit Khong Guan terungkap. Hal itu, ditunjukkan melalui akun Twitter @JukiHoki.

"Yang penasaran bapaknya dimana. Ternyata kaleng Khong Guan itu gambar aslinya digambar Harry Wingfield, buat buku anak gitu sekitar 1959. Aslinya makan roti," tulis @JukiHoki.

https://twitter.com/JukiHoki/status/1400409636377817093?s=19

Buku yang dimaksud sebagai sumber gambar keluarga di kaleng biskuit Khong Guan ini adalah buku anak-anak di Inggris keluaran penerbit legendaris, Ladybird. Hal ini dijelaskan Helen, sosok di balik situs Ladybird Fly Away Home, yang menguratori buku-buku keluaran Ladybird.

Pada 2 September 2020 lalu, Helen menulis artikel berjudul 'The Strange Tale of the Missing Father of Khong Guan'. Ia fokus membahas soal gambar keluarga di kaleng biskuit Khong Guan.

Dalam ulasannya, di ladybirdflyawayhome.com, gambar keluarga di kaleng biskuit Khong Guan itu berupa 'copy' (tiruan) dari ilustrasi sebuah buku Ladybird yang terkenal. Ilustratornya Harry Wingfield yang membuatnya tahun 1959.

Di dalam buku, potret keluarga itu dikisahkan tengah menikmati afternoon tea pada pukul 4 sore. Di mana, yang terlihat hanya ada sang ibu, seorang anak laki-laki, dan anak perempuan di gambar. Mereka menikmati teh dengan kudapan berupa sandwich.

Nah, barulah di kisah lanjutannya, pukul 6 sore, sang bapak akhirnya pulang. Gambar dalam buku memperlihatkan bagaimana ibu dan dua anaknya menyambut kedatangan si bapak dengan gembira.

Topik
biskuit Khong Guanpenerbit ladybirdsosok ayah di kaleng khong guanSiti Naviah

Berita Lainnya

Berita

Terbaru