Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Internasional

Inggris Punya Kolam Renang Terdalam di Dunia, Pecinta Olahraga Ekstrem Wajib Coba Nih

Penulis : Arifina Cahyati Firdausi - Editor : Heryanto

06 - Jun - 2021, 08:45

Kolam renang terdalam di dunia Blue Abyss. (Foto: Blue Abyss).
Kolam renang terdalam di dunia Blue Abyss. (Foto: Blue Abyss).

INDONESIATIMES - Sejauh apa olahraga ekstrem yang kalian jajal? Kiranya pilihan yang satu ini wajib dicoba bagi kalian pecinta olahraga tak biasa.

Ya, berenang di kedalaman paling terdalam di dunia yang berada di Inggris ini misalnya. Blue Abyss namanya, tepatnya berada di Cornwall, Inggris. Blue Abyss digadang-gadang akan mengalahkan Deepspot di Mszczonow, Polandia.

Jika, Deepspot di Polandia memiliki kolam renang dengan kedalaman 45,5 meter, Blue Abyss akan memiliki kedalaman 50 meter. Sensasi luar biasa untuk pecinta olahraga ekstrem bukan?

Dilansir dari berbagai sumber, Blue Abyss nantinya akan menjadi tempat olahraga ekstrim dunia. Bahkan kolam renang ini juga bakal digunakan sebagai tempat untuk pelatihan astronot.

Dibangun berundak dengan ukuran 50x40 meter. Kolam renang ini mampu menampung 42 ribu meter kubik yang sama dengan 17 kolam renang olimpiade atau bahkan 168 juta cangkir teh.

Fasilitas kolam renang ekstrem yang dibangun dengan anggaran 150 juta pound sterling atau sekitar Rp 3 miliar ini tak hanya jadi tempat latihan astronot. Tetapi, Blue Abyss juga akan digunakan untuk melatih staf sektor energi luar angkasa, pertahanan, kelautan dan lepas pantai, serta menguji teknologi bawah laut seperti robotika bawah laut.

Selain itu, tempat ini juga bakal menjadi fasilitas penelitian, pelatihan, dan pengujian laut dalam dan ruang angkasa yang paling komprehensif dari jenisnya di dunia, tak tertandingi dalam luas konfigurasinya.

Pembangunan Blue Abyss ini muncul dari ide mantan instruktur selam dan konsultan manajemen Jihn Vickers. Rencananya, Blue Abyss akan menghadirkan fasilitas unik global dengan berbagai potensi penggunaan yang memanfaatkan begitu banyak industri di area Cornwall.

Dewan Penasihat Blue Abyss Major Peake mengatakan, proyek ini akan bergabung dengan Goonhilly Earth Station and Spaceport Cornwall sebagai aset nasional yang signifikan. Dengan begitu akan menciptakan penelitian laut dalam dan ruang angkasa, fasilitas pelatihan dan pengujian, serta sumber daya pendidikan yang fantastis, membantu memperluas pengetahuan tentang bagaimana manusia dan teknologi dapat berfungsi secara ekstrem untuk kepentingan manusia dan planet ini.

Bisa dibilang, kolam renang Blue Abyss bukan kolam renang biasa. Dengan fasilitas tersebut, menjadikannya menjadi kegunaan yang luar biasa, hingga membuatnya menjadi aset penelitian besar untuk segala pusat pendidikan anak-anak hingga mahasiswa.


Topik

Internasional


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Arifina Cahyati Firdausi

Editor

Heryanto