Vaksinasi Pelayan Publik Dibuka di RS Bhayangkara Kota Batu, Targetnya Sehari 100 Orang

Jun 06, 2021 08:14
Tenaga kesehatan saat memberikan vaksin kepada pedagang di Pasar Sayur Kota Batu beberapa saat lalu.
Tenaga kesehatan saat memberikan vaksin kepada pedagang di Pasar Sayur Kota Batu beberapa saat lalu.

BATUTIMES - Program vaksinasi Covid-19 terus digenjot oleh Pemkot Batu. Kali ini vaksinasi menyasar kategori pelayanan publik di Kota Batu yang bakal berlangsung selama dua hari, yakni 7-8 Juni 2021.

Kategori pelayanan publik seperti sopir angkutan umum atau bus umum, pedagang kaki lima, pedagang keliling, dan pemilik atau penjaga toko dan warung. Fasilitas vaksinasi itu bisa didapatkan di RS Bhayangkara Kota Batu.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Batu dr Susana Indahwati mengatakan, kuota per hari dijatah 100 orang. Dengan jenis vaksin yang diberikan adalah sinovac. 

“Kuotanya per hari 100 orang, khusus kategori pelayan publik yang ber-KTP atau domisili asal Kota Batu. Vaksinasi hanya akan berlangsung pukul 08.00 hingga 12.00 WIB,” ucapnya, Minggu (6/5/2021).

Vaksinasi dilakukan pada pelayanan publik itu untuk meningkatkan kekebalan kelompok di dalam warga Kota Batu. Khususnya sopir angkutan umum atau bus umum, pedagang kaki lima, pedagang keliling, dan pemilik atau penjaga toko dan warung yang sering berinteraksi dengan banyak orang. 

Setidaknya untuk vaksinasi kekebalan kelompok menjangkau hingga 70 persen populasi penduduk di Kota Batu. “Melihat saat ini baru 22.172 warga yang tercover vaksin. Sementara populasi masyarakat Kota Batu mencapai 220.296 jiwa,” tambah Susan.

Untuk mencapai target kekebalan kelompok, ke depan Dinas Kesehatan Kota Batu harus melakukan vaksinasi sejumlah 130 ribu orang di Kota Batu. “Pekerjaan rumah ke depan untuk membentuk kekebalan populasi harus vaksinasi 130 ribu jiwa,” ucapnya.

Meski demikian vaksinasi pada kategori pelayan publik di Kota Batu sudah mencapai 182,75 persen atau 16.460 orang. Padahal semula targetnya mencapai 9.007 orang.

Topik
Vaksinasi Covid 19kolam renang terdalam di duniaDinas Kesehatan Kota Batuberita vaksin kota batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru