Tak Ingin Kejadian Viral "PKL Malioboro" Terjadi di Kota Batu, Ini Imbauan Pemkot

Jun 05, 2021 18:42
Suasana wisatawan saat di Alun-Alun Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Suasana wisatawan saat di Alun-Alun Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

BATUTIMES - Belakangan ini sebuah video TikTok viral tentang keluhan warganet yang menunjukkan mahalnya sebuah harga pecel lele di kawasan dekat Malioboro, Jogjakarta.

 Untuk menghindari kasus serupa, Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Diskumdag) Kota Batu mulai mengantisipasi dengan memberikan imbauan. Imbauan yang diberikan adalah dengan mengingatkan para pedagang kaki lima (PKL) agar memberikan harga yang wajar. Tentunya agar tidak terulang lagi hal tersebut supaya menjaga kepercayaan para wisatawan.

Diskumdag mengatakan Kota Batu juga merupakan tempat favorit wisatawan dari berbagai daerah. Sehingga perlu memberikan pelayanan yang maksimal kepada wisatawan yang melakukan kuliner, khususnya di Alun-Alun Kota Batu.

“Pemkot Batu selalu berkoordinasi dengan PKL, terutama yang di Alun-Alun Kota Batu. Juga harus tertib saat berniaga,” ucap Kepala Bidang Perdagangan Diskumdag Kota Batu Nurbianto.

Bukan hanya tertib berniaga, tetapi juga mengedepankan protokol kesehatan untuk mengantisipasi covid-19. “Pembinaan dan pengawasan terus kami lakukan, mengantisipasi hal-hal seperti yang viral di Malioboro,” ucapnya.

Selain itu, imbauan  diberikan kepada seluruh PKL di Kota Batu. “Kalau yang di Alun-Alun Kota Batu selalu dalam pembinaan. Tapi kalau yang di luar alun-alun ini yang butuh perhatian ekstra, tapi untungnya sudah banyak PKL yang sadar jika kotanya merupakan kota wisata,” ucapnya.

“Pada pedagang sudah memberika pelayanan yanh baik dan sopan hingga penyajian yang higienis. Kalau ada yang naikkan harga, saling mengingatkan paguyuban,” katanya.

Jika membandel, PKL siap-siap mendapatkan sanksi sosial. Terberatnya, Pemkot Batu bakal melakukan penutupan terhadap PKL tersebut.

“Kalau tergabung dalam paguyuban, bisa dikeluarkan dari keanggotaan. Tapi kalau yang di luar itu, bisa menutup sementara hingga penutupan permanen,” ujar Nurbianto.

Topik
pkl kota batuJalibar ganti namaPemkot Batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru