Wali Kota Batu Ingin Percepatan Revitalisasi Pasar, Dinas Terkait Diminta Komunikasi Intens

Jun 04, 2021 18:27
Suasana di Pasar Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Suasana di Pasar Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

BATUTIMES - Pembahasan Detail Engineering Design (DED) Pasar Kota Batu kembali dilakukan Pemkot Batu. Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko meminta agar dinas terkait bersama konsultan segera berkonsultasi kepada Kementerian PUPR agar segera ada percepatan revitalisasi.

“DED revitalisasi Pasar Kota Batu dengan konsultan, nanti konsultan dan Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman harus segera ke Kementerian,” katanya, Jumat (4/6/2021). 

Ia menambahkan, Pemkot Batu siap jika revitalisasi Pasar Kota Batu dilakukan dalam waktu dekat. Sebab revitalisasi ini sudah mundur yang seharusnya direalisasikan tahun 2020 namun hingga saat ini masih belum tahu kejelasannya. 

“Inginnya revitalisasi Pasar Kota Batu bisa dilakukan tahun 2021, pertengahan tahun ini juga gak papa,” ucap Dewanti saat di Graha Pancasila, Balai Kota Among Tani. 

Sementara itu Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Batu Bangun Yulianto menambahkan, secepatnya akan berkoordinasi dengan Kementerian PUPR. “Koordinasi lebih intens supaya dilakukan percepatan,” ungkapnya.  

Ia menambahkan DED sudah dilakukan revisi sebanyak tiga kali untuk mengulas teknis keamanan dan keselamatan gedung. Dengan anggaran yang berada dari APBN sejumlah Rp 200 miliar. 

Sedang saat ini bangunan Pasar Besar Kota Batu berdiri di atas lahan 2,5 hektare. Sedangkan sisanya, 2 hektare, terbagi untuk lahan parkiran dan sebagainya. Atau lahan keseluruhan Pasar Besar Kota Batu ini ada 4,5 hektare dengan lima unit pasar. 

Dalam master plan, bangunan pasar hanya memakan luas satu hektare. Sisanya, 3,5 hektare, bisa digunakan untuk rest area dengan fasilitas 30 kamar mandi dilengkapi musala dan air hangat.

Topik
DED Pasar Kota Batupasar kota batuPemkot Batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru