Jawaban Raffi Ahmad saat Nagita Slavina Disentil Arie Kriting soal Duta PON XX

Jun 04, 2021 13:20
Raffi Ahmad dan Nagita Slavina (Foto: Pikiran Rakyat)
Raffi Ahmad dan Nagita Slavina (Foto: Pikiran Rakyat)

INDONESIATIMES -Raffi Ahmad akhirnya buka suara soal kritikan Arie Kriting mengenai pemilihan Nagita Slavina sebagai Duta PON XX Papua. Raffi menilai, jika Arie Kriting telah keliru menyebut seperti itu.

Raffi lantas memberikan klarifikasi soal hal tersebut. Ayah dari Rafathar Malik Ahmad ini, menyebut sang istri dan dirinya bukan sebagai duta PON XX. 

Melainkan Raffi dan Nagita sebagai ikon dari PON XX yang diselenggarakan di Papua. "Bukan duta, kita ikon," ujar Raffi Ahmad. 

Raffi lantas menduga adanya kesalahpahaman yang terjadi. Duta PON XX tetap diambil dari masyarakat Papua dan sudah ditentukan oleh pemerintah. "Ini ada miss komunikasi saja. Dutanya Boaz Solossa. Nanti bisa ditanya ke pihak PON," katanya. 

Untuk diketahui, duta dan ikon PON XX ini jelas berbeda. Duta merupakan yang merepresentasikan daerah asal lokasi PON. 

Sementara untuk ikon yakni merepresentasikan dan mempromosikan PON secara nasional. Sebelumnya, Arie Kriting sempat mengkritik pemerintah soal ditunjuknya Nagita Slavina yang ia duga menjadi duta PON XX. 

Ia menilai, jika hal tersebut berbahaya karena dikhawatirkan bisa menghilangkan kesadaran masyarakat terhadap budaya itu sendiri.

"Sebenarnya sudah sejak awal saya merasa ada yang janggal dengan hal ini, tetapi saya menunggu tanggapan dari saudara-saudari asli Papua terkait dengan hal ini. Penunjukan Nagita Slavina sebagai Duta PON XX Papua ini memang pada akhirnya dapat mendorong terjadinya Cultural Appropriation," ujar Arie Kriting dalam Instagram miliknya.

"Seharusnya sosok perempuan Papua, direpresentasikan langsung oleh perempuan Papua. Tapi kita juga menyadari bahwa kapabilitas Kak Nagita dalam membawa misi sosialisasi untuk PON XX Papua ini sangat dibutuhkan," lanjut Arie Kriting.

Topik
Raffi AhmadNagita SlavinaBoaz Solossaarie kriting

Berita Lainnya

Berita

Terbaru