Heboh Kabar Gempa Berkekuatan Besar hingga Tsunami, Ini Pesan BMKG Karangkates

Jun 03, 2021 19:48
Webinar tentang potensi tsunami oleh BMKG (foto: screenshot webinar)
Webinar tentang potensi tsunami oleh BMKG (foto: screenshot webinar)

MALANGTIMES - Terkait kabar heboh potensi tsunami akibat gempa besar dijelaskan Stasiun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Karangkates bisa saja terjadi di wilayah Jawa Timur (Jatim).

Kepala Stasiun BMKG Karangkates Ma'muri menegaskan, bahwa fenomena alam merupakan potensi terburuk. Namun hal itu bukanlah prediksi pasti.

Baru-baru ini, ramai diperbincangkan bahwa ada potensi gempa 8,7 skala richter (SR) dan gelombang tsunami mencapai puluhan meter di pesisir Jawa Timur (Jatim) bagian selatan.

Ditanya tentang hal itu, Ma'muri menjelaskan bahwa potensi bisa saja terjadi. “Itu adalah potensi terburuk. Artinya bisa terjadi atau bisa tidak,” ungkap Ma'muri ketika dikonfirmasi.

Potensi yang ada itupun adalah kajian dari para peneliti yang dilatarbelakangi oleh kaidah pengetahuan. Sehingga bukan hanya pemberitahuan berdasarkan apa yang sudah terjadi beberapa waktu sebelumnya.

“Kenapa para peneliti menyampaikan itu,​ sebenarnya tujuannya lebih untuk mitigasinya. Terutama kepada pemerintah daerah dan masyarakatnya. Sekali lagi itu bukan prediksi tapi potensi, bisa iya bisa tidak,” jelas Ma'muri.

Jika berkaca dari kejadian gempa beberapa waktu lalu yakni di Kabupaten Malang atau di Kabupaten Blitar, Ma'muri menegaskan bahwa hal itu adalah peristiwa alamiah. Dalam hal ini terjadi akibat aktivitas subduksi.

“Ini akan menjadi edukasi bagi kita. Kiranya ini bukan menjadikan ketakutan yang tanpa alasan.​ Tapi kesiapsiagaan kita untuk menghadapi beberapa potensi tersebut,” pesannya.

Topik
potensi gempa besarsanksi hukum pencemaran nama baikBMKG Karangkates

Berita Lainnya

Berita

Terbaru