Jaga Stabilitas, Wawali Bung Edi Ingatkan Ancaman Diskonten

Jun 03, 2021 18:23
Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko (dua dari kiri) membuka forum Sinergitas Pemerintah Daerah, TNI Polri dan Masyarakat di Ijen Suites Hotel & Resort, Kamis (3/6/2021) (foto istimewa)
Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko (dua dari kiri) membuka forum Sinergitas Pemerintah Daerah, TNI Polri dan Masyarakat di Ijen Suites Hotel & Resort, Kamis (3/6/2021) (foto istimewa)

MALANGTIMES - Kewaspadaan perlu ditingkatkan terhadap ketidak puasan masyarakat terhadap pemerintah. Karena ketidak puasan itu dapat memicu gangguan stabilitas. Hal itu disampaikan oleh Wakil Wali (Wawali) Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko membuka forum Sinergitas Pemerintah Daerah, TNI Polri dan Masyarakat dalam kewaspadaan dini sebagai upaya memelihara situasi Ketenteraman dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) Kota Malang, di Ijen Suites Hotel & Resort, Kamis (3/6/2021).

Bung Edi panggilan akrab Sofyan Edi Jarwoko mengatakan agar selalu mewaspadai diskonten atau ketidakpuasan masyarakat terhadap pemerintah atau negara yang berpotensi mengganggu stabilitas.

"Kondisi yang sekarang terjadi, tolong betul-betul diperhatikan yaitu kondisi masyarakat yang cenderung hanyut dalam situasi Diskonten. Karena sudah tidak ada batas," kata Wawali Bung Edi.

Karena itu juga, sambung Bung Edi, pemerintah perlu berhati-hati dalam mengambil langkah. "Membuat kebijakan, membuat kegiatan, membuat aktivitas betul-betul harus diperhatikan, supaya tidak terjadi itu," imbuhnya.

Untuk diketahui, forum itu diikuti oleh forkopimcam Kota Malang, FKDM Kota Malang, FKDM Kecamatan, FKUB, Forum Penghayat dan Kader Bela Negara.

Dengan forum sinergitas tersebut, juga akan mampu menciptakan kondusifitas yang muaranya akan meningkatkan pertumbuhan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Tugas ini tidak hanya personal namun membutuhkan kebersamaan semua pihak untuk terlibat dan peduli dengan mengabaikan egosentris.

"Saya menekankan kepada kita semua agar berperan aktif membangun sinergitas kewaspadaan dini dalam rangka meningkatkan kepekaan, kesiagaan dan antisipasi berbagai bentuk ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan di daerah. Dan apabila menemukan potensi gangguan keamanan segera laporkan kepada instansi yang berwenang guna pencegahan dini demi keamanan dan kenyamanan masyarakat serta terwujudnya situasi yang kondusif," jelas mantan anggota dewan ini.

Sementara itu, Kepala Bakesbangpol Kota Malang, Rinawati menambahkan, pentingnya stabilitas keamanan dan ketertiban umum dalam pembangunan yang berkelanjutan.

"Maka perlu meningkatkan kewaspadaan dini, yaitu dengan meningkatkan peran pemerintah daerah dan partisipasi masyarakat untuk memelihara stabilitas keamanan dan ketertiban umum dan meningkatkan sinergitas," ujarnya.

Topik
Berita MalangWakil Wali Kota MalangSofyan Edi JarwokoBung EdiBakesbangpol Kota MalangRinawatialumni kartu prakerja

Berita Lainnya

Berita

Terbaru