Banyak Laka Laut, Objek Wisata Pantai Masih Digemari Wisatawan

Jun 03, 2021 17:09
Kepala Disparbud Kabupaten Malang, Made Arya Wedanthara (foto: Hendra Saputra/MalangTIMES)
Kepala Disparbud Kabupaten Malang, Made Arya Wedanthara (foto: Hendra Saputra/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Banyaknya kejadian kecelakaan laut dalam bulan Mei 2021 lalu tak membuat kunjungan wisatawan ke Pantai Malang Selatan menurun. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang, Made Arya Wedanthara mengatakan meski banyak kejadian laka laut yang menimpa wisatawan namun tidak menyurutkan kunjungan.

Sebelumnya, setidaknya ada 7 korban yang dinyatakan meninggal dunia di beberapa pantai. “Tidak ada pengaruh, masyarakat tidak lantas takut untuk berwisata ke sana (pantai, red), karena mereka tahu, kejadian tersebut rata-rata didasari oleh kesalahan manusianya sendiri,” ucap Made.

Diakui Made, khususnya hari libur masih banyak wisatawan yang melakukan kunjungan ke Pantai Malang Selatan. Namun pihaknya juga terus melakukan koordinasi dengan pengelola pantai agar memperhatikan keselamatan pengunjung.

“Dalam waktu dekat, kami akan bersurat kepada seluruh pengelola pantai. Supaya, mereka (pengelola wisata pantai, Red) lebih bisa mengingatkan para pengunjung agar tidak celaka. Selain itu pengunjung juga wajib berhati-hati sendiri. Karena jika hanya pengelola saja yang mengingatkan, percuma,” tutur pria asal Bali itu.

Oleh karena itu, Disparbud Kabupaten Malang meminta kepada pengelola pantai agar memasang rambu larangan yang dipasang di beberapa titik. Hal itu untuk mengingatkan pengunjung agar selalu waspada.

“Saya minta (kepada pengelola, red) untuk dipasang peringatan, mulai dari pintu masuk, supaya wisatawan bisa terus ingat,” kata pria yang juga menjabat sebagai pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Pemkab Malang itu.

Dengan beberapa kejadian laka laut yang menimpa beberapa wisatawan, Made berharap ke depan tidak terjadi lagi. Pasalnya, hal itu akan membawa duka bagi keluarga yang ditinggalkan. “Kan niatnya senang-senang, jangan sampai jadi petaka. Maka dari itu harus tetap hati-hati, karena keluarga juga menanti,” pesan Made.

Topik
kecelakaan lautDisparbud Kabupaten MalangMade Arya Wedanthara

Berita Lainnya

Berita

Terbaru