Resmi! Pemerintah Umumkan Kembali Tak Berangkatkan Haji 2021

Jun 03, 2021 15:35
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Foto: YouTube Kemenag RI)
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Foto: YouTube Kemenag RI)

INDONESIATIMES - Pemerintah Indonesia kembali memutuskan untuk tidak memberangkatkan jamaah haji 2021. Hal ini disampaikan oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas melalui konferensi pers yang disiarkan langsung di akun media sosial Kementerian Agama. 

"Pemerintah melalui Kementerian Agama menerbitkan keputusan Menag RI Nomor 660 Tahun 2021 tentang Pembatalan Keberangkatan Jamaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1442 H 2021 M," kata Yaqut Kamis (3/6/2021).

Dalam pengumuman soal haji 2021 ini hadir pula pimpinan Komisi VIII DPR, Sekjen Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Sekjen Majelis Ulama Indonesia, dan Kepala BPKH. Seperti diketahui, per Senin (31/5/2021), terpantau di Twitter resmi Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi, @MOISaudiArabia, terdapat 11 negara diizinkan masuk, dari Amerika Serikat, Jepang, hingga Uni Emirat Arab. 

Namun, dari 11 nama negara itu, tidak ada negara Indonesia. Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad sempat menyatakan mendengar jika Indonesia tidak mendapatkan kuota untuk beribadah haji 2021 ini. 

Salah saty faktor yang membuat kuota untuk jamaah Indonesia belum ada yakni soal vaksin.

"Sementara kita nggak usah bahas itu dulu (vaksin jemaah haji). Karena informasi terbaru yang kita dengar bahwa kita nggak dapat kuota haji," ujar Dasco. 

Dasco mengatakan jika hal ini bisa sebagai pelajaran bagi kita supaya soal vaksin ini akan lebih perhatikan dan tidak terjadi hal-hal seperti saat ini. Ini berarti sudah 2 tahun berturut-turut jemaah haji Indonesia tidak bisa berangkat ke tanah suci, Makkah.

Topik
Yaqut Cholil QoumasIbadah Hajipaket narkobaSelfie di Masjid Nabawi

Berita Lainnya

Berita

Terbaru