Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Otomotif

Resmi Dirilis, Sedan Listrik BMW i4 Miliki Kemampuan Teknologi Canggih 

Penulis : Desi Kris - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

03 - Jun - 2021, 11:16

BMW i4 (Foto:  www.bmw.co.id)
BMW i4 (Foto: www.bmw.co.id)

INDONESIATIMES - BMW baru saja resmi merilis sedan listrik terbarunya, yakni BMW i4. BMW meyakini pasar akan terbuka menerima mobil tanpa setrum itu selama memiliki tampilan dan kemampuan yang hebat. 

Pabrikan asal Jerman tersebut meluncurkan sedan bertenaga listrik penuh dengan gaya gran coupe ini hadir lewat varian i4 M50. Spesifikasi dan harga bahkan sudah dirilis melalui model ini, yang akan bersaing dengan Tesla Model 3 di segmen sedan listrik.

Terdapat dua  varian yang BMW tawarkan untuk i4, yakni i4 M50 sebagai yang lebih mahal dan i4 eDrive40 sebagai varian entry. Keduanya menawarkan karakter dan performa yang berbeda untuk kebutuhan konsumen yang unik juga. 

Kedua varian tersebut menyusul debut versi konsep yang BMW perkenalkan pada tahun lalu, yang memancing kontroversi karena desain grille depannya. Varian i4 M50 ini menjadi pilihan untuk konsumen yang ingin lebih merasakan performa buas sebuah sedan BMW bertenaga listrik, dengan serangakain sentuhan ala M sport. 

Untuk eksteriornya, mobil ini memiliki tampilan yang kuat dan agresif, menyerupai M440i. Mulai dari fascia depan, side skirt, desain spion, velg, dan fascia belakang sangat khas karkater M sport. 

Namun bedanya, grille depan besar sepenuhnya tertutup, karena absennya mesin di balik bonnet dan agar aerodinamika lebih efisien. Kendaraan ini memiliki daya tempuh hampir 400 km. 

Sistem powertrain listriknya mengandalkan baterai yang diklaim mampu mencapai menempuh perjalanan sampai dengan 395 km dalam sekali isi penuh. Output puncak dari dua unit motor listriknya mencapai 536 hp untuk tenaga dan torsi 794 Nm alias hampir 800 Nm. 

Masing-masing motor listrik depan menyediakan 255 hp dan di belakang 308 hp, yang digabungkan transmisi single speed. Output maksimal dapat digunakan saat mode super boost diaktifkan.

Menurut BMW, akselerasi i4 M50 untuk 0-100 km/jam bisa dicapai dalam waktu 3,9 detik dan 5,7 detik untuk mencapai 200 km/jam. Dibandingkan dengan BMW M3, akselerasinya untuk 0-100 km/jam yakni dalam 4,1 detik, dan 3,8 detik untuk M3 competition.

Sementara pada bagian kabin, BMW menyediakan sistem infotainment dengan layar besar, berdimensi 12,3 inci dan layar 14,9 inci untuk panel instrumen, yang dijadikan dalam satu frame. Kurang lebih sama seperti desain yang sudah dianut oleh Mercedes-Benz. 

Desain tersebut yang membedakan antara i4 dengan Seri 4 bermesin konvensional. Selebihnya, desain interior sama seperti Seri 4, hanya saja yang dibedakan yakni aksen warna biru di beberapa bagian interior.

Untuk varian terjangkau, i4 sDrive40 performanya lebih ‘sopan’, dengan hanya menyediakan tenaga 335 hp dan torsi 416 Nm. Varian ini juga hanya menggunakan 1 unit motor listrik yang menggerakkan roda belakang. 

Akselerasinya untuk 0-100 km/jam dalam 5,7 detik, sama seperti model 330i. BMW membekali mobil ini dengan baterai 81,5 kWh dan transmisi single speed untuk i4 eDrive40.

Titik pusat gravitasi dari i4 eDrive40 berada 2,1 inci lebih rendah dari Seri 3 sedan. Kaki-kaki didukung dengan lift-related shock absorber, air suspension di belakang, electromechanical steering with servotronic, dan dynamic stability control lebih canggih.

Semua sistem tersebut dirancang demi menonjolkan keunggulan penggerak roda belakang khas BMW pada mobil listrik. Sementara untuk bagian interiornya tak jauh berbeda dibandingkan i4 M50. 

Sama-sama sudah tersedia sistem infotainment mendominasi dashboard, yang sudah mendukung Apple CarCarplay dan android auto. Hanya yang membedakan ialah pilihan trim dan permainan warna. 

Bedanya, i4 eDrive40 punya jok model standar, sementara i4 M50 mengadopsi jok seperti milik M3 dan M4. Teknologi canggih yang BMW tawarkan melalui i4 ini ialah ragam driver assistance system, baik standar maupun opsional. 

Secara keseluruhan, i4 memiliki kemampuan otonom Level 2. Fitur-fitur unggulan yang dimiliki seperti active cruise control with stop & go function, speed limit assist, dan driving assitance professional yang andalkan kamera depan, radar depan, radar samping yang mendukung operasional steering and lane control assistant.

Varian terjangkau, i4 eDrive40 ditawarkan dengan harga mulai US$ 55.400 (Rp 790,2 jutaan). Sementara i4 M50 untuk yang inginkan performa kencang, dibanderol mulai US$ 65.900 (Rp 940 jutaan). 


Topik

Otomotif


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

Sri Kurnia Mahiruni