DPRD Kota Malang Dukung Pemulihan Ekonomi melalui Sektor Pariwisata

Jun 03, 2021 10:25
Silaturahmi antara anggota legislatif bersama Kadin UMKM Malang Raya bersama dinas dan Yayasan Panjura Malang beberapa waktu lalu. (Foto: Istimewa).
Silaturahmi antara anggota legislatif bersama Kadin UMKM Malang Raya bersama dinas dan Yayasan Panjura Malang beberapa waktu lalu. (Foto: Istimewa).

MALANGTIMES - Pemulihan ekonomi tengah digenjot di berbagai daerah, termasuk di Kota Malang. Dalam upaya itu, sektor pariwisata menjadi menjadi salah satu yang didorong untuk mempercepat peningkatan pertumbuhan ekonomi.

Di Kota Malang, sektor pariwisata berkolaborasi dengan usaha mikro kecil menengah (UMKM) Malang Raya guna membuat program-program wisata semakin dikenal luas. Salah satunya konsep Wisata Legenda.

Adanya program ini menjadi perhatian anggota DPRD Kota Malang. Dewan berharap inovasi-inovasi yang hadir menumbuhkan pertumbuhan ekonomi terus didukung penuh.

Hal ini disampaikan anggota Komisi B DPRD Kota Malang Bayu Rekso Aji saat menghadiri acara silaturahmi dan FGD bersama Kadin UMKM Malang Raya bersama dinas, legislatif dan Yayasan Panjura Malang beberapa waktu lalu.

Menurut Bayu, program ini menjadi salah satu fase agar para pelaku UMKM bisa terus berkembang. Sehingga, pertumbuhan ekonomi juga semakin meningkat dengan cepat dan optimal. "Prinsipnya, kami mendukung fase move on pelaku UMKM dan menumbuhkan nadi perekonomian malang," ujarnya.

Konsep yang digagas atas kerja sama kemitraan antara Yayasan Panjura, Kadin UMKM Jawa Timur, serta Kadin UMKM Malang Raya tersebut dinilai mampu menjadikan Kota Malang menghadirkan alternatif wisata di tengah kota. Sehingga, diharapkan mampu menggaet kunjungan dari wisatawan lokal, luar daerah, hingga mancanegara.

"Ini menjadi alternatif wisata di tengah Kota Malang yang kita cintai ini ada jujugan. Sehingga wisatawan luar kota atau mancanegara bisa menikmati malang dari teras Malang, yakni Wisata Legenda Malang yang integral dengan program pemerintah daerah," tandasnya.

Sebagai informasi, konsep Wisata Legenda Malang dihadirkan guna mewujudkan wisata di tengah Kota Malang. Tentunya, dengan beragam sektor unggulan, mulai dari pusat kuliner dan jajanan Malangan. Kemudian, pusat event Tempoe Doloe dan Helloween (wisata malam).

Lalu ada juga pusat event kolonial milenial, pusat meeting, work shop, seminar , resepsi, pelatihan dan pendidikan. Ada pula, pusat pembinaan UMKM sekolah pasar,  inkubator UMKM dan UMKM Naik kelas (pembinaan ekspor produk UMKM).

Juga pusat seni dan budaya, pusat barang antik Kota Malang, pusat kendali digital UMKM market pleace (pasar tradisional online), pusat pameran untuk mengenalkan produk-produk UMKM, buku, bunga, barang antik dan lainnya. Hingga segitiga emas wisata tengah Kota Malang antara heritage, alun-alun dan Wisata  Legenda Malang (eks bioskop Kelud).

 

Topik
DPRD Kota MalangHari Sepeda Seduniapertumbuhan ekonomi Kota Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru