Meski Pakai Baju, Jin dan Setan Masih Bisa Lihat Auratmu, Begini Cara Membutakan Pandangan Mereka

Jun 03, 2021 09:25
Ilustrasi jin dan setan yang tidak bisa melihat seseorang yang membaca kalimat doa yang diajarkan Rasulullah. (kisahhikmah)
Ilustrasi jin dan setan yang tidak bisa melihat seseorang yang membaca kalimat doa yang diajarkan Rasulullah. (kisahhikmah)

MALANGTIMES - Manusia, jin, dan setan diciptakan berbeda. Namun salah satu bentuk keistimewaan jin dan setan adalah mereka bisa melihat manusia. 

Sebaliknya,  manusia tidak bisa melihat jin dan setan serta mereka juga tak bisa tersentuh. Jim dan setan bahkan juga bisa melihat aurat manusia meskipun telah berpakaian.

Hal ini sudah ditegaskan Allah SWT melalui firman-nya. "Wahai anak cucu Adam, janganlah sampai kamu tertipu oleh setan sebagaimana halnya (setan) mengeluarkan ibu bapakmu dari surga dengan menanggalkan pakaian keduanya untuk memperlihatkan auratnya. Sesungguhnya dia dan pengikutnya bisa melihat kamu dari suatau tempat yang kami tidak bisa melihat mereka. Sesungguhnya kami telah menjadikan setan itu pemimpin bagi orang-orang yang tidak beriman"(QS Al-Araf 27. 

Namun Rasulullah SAW mempunyai cara bagaimana membutakan jin maupun setan agar tak bisa melihat manusia. Lalu bagaimanakah cara itu?

Jin dan setan dianugerahi Allah keistimewaan yang tidak diberikan kepada manusia. Keistimewaan itu seperti yang disampaikan sebelumnya adalah mereka tak bisa dilihat kasat mata. Namun, jin dan setan bisa melihat manusia serta mereka juga tidak bisa tersentuh oleh manusia.

 Tetapi, bukan berarti manusia tidak diberikan kekuatan untuk menyetarakan kekuatan dengan dua makhluk tersebut. Allah memberikan iman Islam dan ihsan kepada manusia. 

Karena tak bisa diraba dan dilihat, maka setan dan jin bisa dengan mudah menjerumuskan manusia.  Namun ada juga kondisi  setan dan jin tidak bisa melihat manusia. Rasulullah SAW telah mengajarkan sebuah doa yang telah jauh hari diajarkan untuk membutakan setan dan jin agar tidak bisa melihat manusia yang membaca doa itu.

Cara sederhana dalam mengatasi agar jin dan setan tidak bisa melihat manusia itu adalah kalimat doa yang begitu sederhana dan mudah diucapkan. Kalimat itu merupakan kalimat singkat yang merupakan inti penyerahan diri kepada Allah SWT untuk meminta perlindungan kepada-Nya.

Sesuai dengan sabdanya "Tabir antara pandangan mata jin dan aurat bani Adam (manusia) adalah apabila seseorang melepas pakaiannya, dia membaca  bismillah"( HR Ibnu Adi, At Thabrani dalam Mu'jam  Al Ausath Al Mathalib Al Aliyah, Al Hafizh Ibnu Hajar).

Rasulullah mengajarkan umatnya untuk selalu membaca bismillah dalam berbagai kegiatan, misalnya ketika ke kamar mandi. Hal tu agar setan maupun jin tidak bisa melihat ketika seseorang berada di dalam kamar mandi. 

Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah. Dari Ali bin  Abi Thalib  Radhiyallahu Anhu, Rasulullah bersabda, "Tabir antara pandangan mata  jin dan aurat bani Adam (manusia) adalah apabila seseorang masuk kamar mandi, dia membaca bismillah"(HR Tirmidzi).

Dengan membaca bismillah, jin dan setan yang kuat  bisa diatasi. Allah akan melumpuhkan kekuatan dua makhluk tersebut. Hal ini menandakan kebesaran Allah dan betapa besarnya kekuatan  bismillah itu. Hak ini sesuai dengan sabda Rasulullah. "Setiap perkara penting  yang tidak dimulai dengan bismillahirrahmanirrahim, amalan tersebut akan terputus berkahnya"( HR Al Khatib alam Al Jami).

Topik
doa said bin zaidManusia dan setanPemimpin Hamas ditangkap

Berita Lainnya

Berita

Terbaru