Survei BI Malang, Indeks Keyakinan Konsumen Turun

Jun 02, 2021 18:44
Grafik survei konsumen (BI Malang)
Grafik survei konsumen (BI Malang)

MALANGTIMES - Survei Konsumen Bank Indonesia Malang mengindikasikan perbaikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi tertahan pada Mei 2021. Hal tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Mei 2021 sebesar 98,58 persen, lebih rendah dibandingkan dengan capaian pada bulan April 2021 sebesar 103,50. 

Perbaikan keyakinan konsumen yang tertahan ini terjadi pada seluruh kategori tingkat pengeluaran dan mayoritas kelompok usia. Perbaikan keyakinan konsumen yang tertahan pada Mei 2021, disebabkan oleh menurunnya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini.

Selain itu, hal ini juga terpengaruh ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi pada 6 bulan yang akan datang. Pada Mei 2021, persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini melemah dari bulan sebelumnya. 

"Hal ini diindikasi karena kembali diberlakukannya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro dan pelarangan mudik pada saat momen Idul Fitri 1442 H, sehingga itu menyebabkan kembali menurunnya aktivitas ekonomi masyarakat," terang Kepala Kantor Perwakilan BI Malang, Azka Subhan.

Lebih lanjut dijelaskannnya, Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) saat ini sebesar 72,33. Namun besaran tersebut menurun dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 76,17. Penurunan IKE ini terjadi pada seluruh komponen penyusunnya. Komponen penyusun tersebut di antaranya adalah penghasilan saat ini, ketersediaan lapangan kerja, dan pembelian durable goods. 

"Tapi penurunan terjadi pada indeks ketersediaan lapangan kerja saat ini dibanding 6 bulan lalu yang tercatat sebesar 59,00 lebih rendah 6 poin dibanding bulan sebelumnya yaitu 65,00," ungkapnya.

Meskipun begitu, konsumen masih cukup optimis terhadap perkiraan kondisi ekonomi 6 bulan ke yang diindikasikan melemah dari bulan sebelumnya. Perkiraan tersebut diperkuat dengan Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi (IEK) pada bulan Mei 2021. Tercatat IEK sebesar 124,83 persen yang berada pada level optimis atau diatas 100 akan tetapi nilainya masih lebih rendah dari 130,83 pada April 2021.

"Konsumen memprakirakan ekspansi kondisi perekonomian pada 6 bulan ke depan masih terbatas, khususnya dari aspek ketersediaan lapangan kerja dan kegiatan usaha," tambahnya.

Sementara itu, untuk ekspektasi konsumen mengenai kondisi penghasilan pada 6 bulan ke depan akan mengalami peningkatan sejalan dengan adanya momen Hari Natal 2021 dan menjelang Tahun Baru 2022. "Indeks ekspektasi penghasilan Mei 2021 meningkat 7,50 poin dibandingkan bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 134,00," pungkasnya.

Topik
Berita MalangIndeks Keyakinan KonsumenAzka Subhan

Berita Lainnya

Berita

Terbaru