Tanamkan Nilai Pancasila, Instansi dan Perkantoran di Kota Malang Wajib Putar Lagu Kebangsaan

Jun 01, 2021 11:27
Jajaran Forkopimda Kota Malang berpakaian khas Malangan saat mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual di Ngalam Command Center (NCC) Balai Kota Malang, Selasa (1/6/2021). (Foto: Humas Pemkot Malang for MalangTIMES).
Jajaran Forkopimda Kota Malang berpakaian khas Malangan saat mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual di Ngalam Command Center (NCC) Balai Kota Malang, Selasa (1/6/2021). (Foto: Humas Pemkot Malang for MalangTIMES).

MALANGTIMES - Momen peringatan Hari Lahir Pancasila menjadi pengingat semua pihak akan sejarah lahirnya dasar negara itu setiap 1 Juni. Di peringatan kali ini, jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Malang mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila bersama Presiden RI Joko Widodo.

Upacara kali ini berlangsung khidmat. Busana khas Malangan mewarnai kegiatan yang dilangsungkan secara virtual di Ngalam Command Center (NCC) Balai Kota Malang, Selasa (1/6/2021).

Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan, ini kali kedua peringatan Hari Lahir Pancasila dilangsungkan di tengah masa pandemi Covid-19. Meski begitu, kekuatan Pancasila sebagai ideologi bangsa dinilai menjadi kekuatan yang tidak bisa dipandang remeh, utamanya dalam menghadapi situasi pandemi.

"Saat kita serba sulit, negara serba sulit, ada tawaran-tawaran ideologi pancasila yang tidak bisa dianggap remeh, utamanya dalam menghadapi pandemi ini," ujarnya.

Karena itulah, kata Sutiaji, penerapan nilai-nilai Pancasila tak hanya serta merta dilakukan saat momen peringatan saja. Namun, harus dimaknai sebagai dasar ideologi yang kuat di sepanjang waktu.

Bahkan, guna terus memperkuat nilai-nilai tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang bakal menerapkan aturan baru. Di mana, nantinya setiap perkantoran baik dilingkup pemerintahan ataupun swasta untuk melakukan pembacaan teks Pancasila dan memutar lagu kebangsaan di jam-jam tertentu.

"Rencana pada jam-jam tertentu nanti kami akan ada pembacaan teks Pancasila, terus lagu-lagu kebangsaan itu kami dengungkan, gaungkan bersama-sama di kantor-kantor pemerintah ataupun swasta," imbuhnya.

Lebih jauh disampaikan Sutiaji, penerapan ini bakal dilakukan dalam waktu dekat. Cara ini juga sebagai upaya untuk terus mengorientasikan nilai-nilai Pancasila secara berkelanjutan.

"Supaya nilai pancasila ini bukan hanya kita bisa menyebut tapi bisa diorientasikan. Nanti dalam waktu dekat ini, tinggal setting saja," pungkasnya.

Topik
Hari Lahir PancasilaKota MalangWali Kota Malang Sutiaji

Berita Lainnya

Berita

Terbaru