6 Pasar Rakyat di Kota Malang Ditarget Rampung Direvitalisasi Tahun ini!

Jun 01, 2021 09:58
Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang, M Sailendra. (Ahmad Amin/MalangTIMES).
Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang, M Sailendra. (Ahmad Amin/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang nampaknya terus menunjukkan komitmennya dalam mewujudkan pasar sehat. Buktinya, beberapa pasar rakyat yang telah direvitalisasi mulai berubah fungsi.

Tahun ini, setidaknya ada 6 pasar rakyat yang ditargetkan tuntas untuk direvitalisasi menjadi pasar yang layak, sehat, dan nyaman bagi pedagang ataupun pengunjung.

Keenam pasar rakyat itu di antaranya, Pasar Gadang Lama, Pasar Madyopuro, Pasar Bunulrejo, Pasar Lesanpuro, Pasar Kota Lama dan Pasar Bareng.

"Beberapa pasar tradisional kita lakukan revitalisasi dan pemeliharaan. Kayak tahun ini, Pasar Madyopuro kita lakukan, terus Kota Lama, Bunulrejo, Lesanpuro itu dan lainnya ada 6 pasar yang kita perbaikai," ujar Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang, M Sailendra.

Namun, dari keenam pasar rakyat tersebut, dijelaskan Sailendra, tidak semuanya dilakukan revitalisasi atau pembongkaran total. Beberapa di antaranya, masuk dalam tahapan pemeliharaan saja.

"Kalau Pasar Gadang Lama, Bunulrejo itu sudah berjalan. Sedang berjalan perbaikannya, kayak lantai, atap itu. Jadi di sana pemeliharaan," imbuhnya.

Kedua pasar tersebut dijelaskannya, telah dilakukan revitalisasi pada 2018 lalu. Karenanya, untuk tahun ini hanya butuh penyempurnaan dengan perbaikan, serta penambahan fasilitas lainnya.

Sementara untuk Pasar Madyopuro dan Pasar Lesanpuro di tahun 2021 ini akan dilakukan revitalisasi secara penuh. Anggarannya, dikatakan mantan Sekretaris KPU Kota Malang ini, setiap pasar dialokasikan berbeda tergantung pada tingkat kerusakan yang ada.

"Seperti Pasar Madyopuro sudah tahap revitalisasi, awal Juni ini sudah mulai. Anggarannya itu beda-beda ya, tergantung dari kebutuhan setiap pasar yang harus diperbaiki," jelasnya.

Lebih jauh, enam pasar rakyat yang direvitalisasi tahun ini dilakukang dengan alokasi anggaran APBD TA 2021. Berdasarkan data di LPSE Kota Malang, untuk Pasar Gadang Lama dianggarkan sebesar Rp 1,7 Miliar, Pasar Madyopuro Rp 3,7 Miliar, Pasar Bunulrejo Rp 990 juta dan Pasar Lesanpuro sebesar Rp 1,3 Miliar.

Sailendra memastikan, proses revitalisasi keenam pasar rakyat ini bakal tuntas di tahun ini. Nantinya, di tahun 2022 mendatang Diskopindag juga bakal kembali mengusulkan revitalisasi pasar rakyat lainnya.

"Iya tahun ini selesai (revitalisasi 6 pasar rakyat tersebut). Nah, di tahun depan nanti kita usulkan lagi," pungkasnya.

Topik
Revitalisasi PasarPasar RakyatKota MalangDiskopindag Kota Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru