Perubahan SOTK, Pemkot Batu Pecah 2 Perangkat Daerah dan Tambah 1 Dinas

Jun 01, 2021 08:00
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat melakukan rapat di taman Balai Kota Among Tani beberapa saat lalu.
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat melakukan rapat di taman Balai Kota Among Tani beberapa saat lalu.

BATUTIMES - Dua Perangkat Daerah (PD) di lingkungan Pemkot Batu bakal dipecah. Perubahan Susunan Organisasi Tata Kerja (SOTK) bakal dilakukan pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Naker juga Dinas Pendidikan.

“Dipecahnya DPMPTSP itu untuk menindak lanjuti UU Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Juga arahan presiden terkait pembenahan dan kemudahan perizinan bagi investasi yang masuk ke daerah,” ungkap Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso.

Pemecahan dua PD itu yakni DPMPTSP dan Naker dipecah menjadi DPMPTSP dan Dinas Tenaga Kerja. “DPMPTSP dan Naker akan dipecah jadi DPMPTSP sendiri dan Dinas Tenaga Kerja sendiri,” imbuhnya.

“Juga untuk mempermudah pintu investasi masuk ke Kota Batu yang berdampak pada terbukanya lapangan pekerjaan dan pemerataan perekonomian,” tambah politisi PDIP ini.

Dengan dipecahnya PD itu untuk memudahkan kinerja PD agar maksimal menjalankan programnya. Juga penyederhanaan birokrasi pada PD.

Lalu Dinas Pendidikan akan dipecah dua. Yakni Dinas Pendidikan dan Dinas Pemuda dan Olahraga. Pemecahan ini dirasa penting.

“Peran bidang Pemuda dan olahraga yang masih satu perangkat dengan Dinas Pendidikan kurang maksimal.Sehingga penting untuk dipisah supaya kinerjanya bisa maksimal,” jelas Punjul.

Rencananya pemecahan dua PD tersebut bakal dilakukan pada tahun mendatang. Selain itu juga akan dilakukan penambahan satu PD, yakni Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida).

Topik
warna cokelatorganisasi perangkat daerahKota BatuPunjul Santoso

Berita Lainnya

Berita

Terbaru