Cegah Mahasiswa Berkarya Hasil Plagiasi, Ini Upaya UIN Malang

May 31, 2021 20:12
Informasi pelatihan ORS dan pelatihan pengecekan kemiripan karya ilmiah (uinmaliki_library)
Informasi pelatihan ORS dan pelatihan pengecekan kemiripan karya ilmiah (uinmaliki_library)

MALANGTIMES - Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang bakal menggelar Online Research Skill (ORS) dan juga penggunaan alat pengecekan kemiripan karya ilmiah mengunakan Turnitin. Hal itu disampaikan Kepala Perpustakaan UIN Maliki Malang, Mufid MH. 

Digelarnya pelatihan tersebut, dijelaskan Mufid bertujuan untuk memberikan bekal kepada para mahasiswa yang tengah melakukan atau menyusun penelitian atau pun karya ilmiah bisa memperoleh hasil yang maksimal. 

"Prorgam ORS ini utuk memberikan kemampuan mahasiswa terkait dengan literasi informasi yang diperlukan dalam penelitian dan penyusunan karya ilmiah mereka," terang pria yang ramah ini saat dihubungi (31/5/2021)

Dengan pelatihan ini, mahasiswa diharapkan bisa dan mampu mencari literasi yang relevan dan mengetahui tempat  yang tepat dalam pencarian literasi sesuai dengan kebutuhan untuk penelitian dan karya ilmiah para mahasiswa. 

Selain itu, lanjut Mufid, dalam pelatihan, para mahasiswa juga dilatih untuk memiliki strategi bagaimana memahami literasi yang tepat dan pengaplikasian dalam karya ilmiah maupun penelitian para mahasiswa. 

"Di sini para mahasiswa juga diharapkan memahami bagaimana plagiasi sehingga ketika nantinya mereka membuat sebuah karya ilmiah, penelitian akan terhindar dari permasalahan plagiasi," bebernya.

Untuk para peserta, tidak terpatok dari fakultas tertentu. Semua pihak di lingkungan UIN Maliki Malang, diperbolehkan untuk mengikuti pelatihan tersebut dengan terlebih dahulu mendaftar. "Pesertanya bebas, tidak terpatok satu fakultas saja. Tapi kadang memang ada fakultas tertentu yang meminta untuk pelatihan," ujarnya.

Sementara itu, pelatihan ORS dan penggunaan alat pengecekan kemiripan karya ilmiah, dikatakan Mufid bukan hanya rutin dilakukan setiap tahun, namun pelatihan ini bahkan selalu rutin dilakukan setiap minggu.  

"Seperti yang disampaikan sebelumnya, hal ini tentunya agar mahasiswa semakin memahami bagaimana dalam mencari sumber referensi yang tepat hingga bagaimana plagiasi sehingga bisa terhindar dari permasalahan itu," tuturnya.

Pelatihan ORS dan penggunaan alat pengecekan kemiripan karya ilmiah akan dilakukan pada tanggal 2 Juni 2021 dengan dua sesi kegiatan. Pada sesi pertama, pukul 10.00 wib hingga pukul 11.00 wib, akan diulas mengenai ORS. Kemudian pada sesi kedua, pukul 14.00 wib hingga pukul 15.00 wib akan dilakukan pelatihan pengecekan kemiripan karya ilmiah.

"Untuk kegiatan akan dilakukan secara daring,"pungkasnya.

 

Topik
UIN Maliki Malangkarya plagiasikebijakan berangkat hajisunanto

Berita Lainnya

Berita

Terbaru