Jangan Sampai Tak Imunisasi, RSI Unisma: Imunisasi Itu Penting

May 31, 2021 18:02
Ilustrasi imunisasi bayi (halodoc)
Ilustrasi imunisasi bayi (halodoc)

MALANGTIMES - Imunisasi merupakan sebuah hal yang penting untuk melindungi anak ataupun mengurangi risiko keparahan dari serangan penyakit. Karena itu, hal itu merupakan sebuah keharusan dan hal yang sangat penting untuk anak. Hal ini sebagaimana ditegaskan Kepala Ruang Peristi RSI Unisma Malang, Restu Widyarini STr Keb. 

"Imunisasi pada bayi dan balita sangatlah penting, karena dengan diberikan imunisasi anak akan mendapatkan kekebalan dari suatu penyakit tertentu," terangnya (31/5/2021). 

Imunisasi merupakan suatu upaya untuk meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap suatu penyakit, sehingga apabila suatu saat terpapar dengan penyakit tersebut, anak atau balita yang telah diimunisasi akan kebal ataupun hanya mengalami gejala penyakit ringan.

"Dan untuk bayi dan balita imunisasi dasar penting adalah Hepatitis B, BCG, Polio, DPT, Campak dan IPV," jelasnya saat dihubungi.

Lebih lanjut dijelaskannya, terkadang usai dilakukan imunisasi pada anak, terdapat efek badan yang panas pasca beberapa jam penyuntikan. Namun hal tersebut, dijelaskan Restu merupakan hal yang wajar. Kondisi ini biasanya terjadi pada imunisasi DPT maupun campak.

Akan tetapi, hal tersebut menurut Restu terjadi tidak pada semua bayi atau balita. Hal itu dialami tergantung daya tahan tubuh bayi, di mana panas terjadi akibat respon imun (antibody) terhadap vaksin yang dimasukkan ke dalam tubuh.

"Hal tersebut membuat tubuh dapat mengatasinya jika penyakit yang sama masuk ke tubuh dan mencegah penyakit tersebut untuk membuat gangguan yang lebih parah," paparnya.

Kemudian, untuk imunisasi BCG, Ratu menuturkan, efeknya akan menimbulkan jaringan sikatrik pada area penyuntikan. Akan tetapi hal ini merupakan reaksi alami dari tubuh terhadap vaksin. 

"Tidak berbahaya, akan mengering dengan sendirinya," bebernya. Dan setelah imunisasi DPT dan Campak untuk mengurangi demam pada bayi, orang tua tidak perlu khawatir karena akan diberikan obat penurun panas dan edukasi cara perawatan pada bayi atau balita dengan demam di rumah," pungkasnya.

Topik
vaksinasi anakkomunitas vespa tulungagungRSI Unisma

Berita Lainnya

Berita

Terbaru