Kunjungan Wisata Terjun Bebas, Okupansi Hotel di Kota Malang Tertolong MICE

May 31, 2021 15:16
Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Sektor pariwisata menjadi salah satu yang terdampak di tengah pandemi Covid-19 ini. Kunjungan wisata di jelang pertengahan 2021 ini bahkan turun drastis hingga 85 persen.

Belum lagi, kunjungan wisatawan mancanegara yang juga tercatat 100 persen tak berwisata ke kota berjuluk pendidikan ini. Namun meski begitu, kegiatan Meeting, Incentive, Convention and Exhibition (MICE) dinilai mampu mendongkrak sektor jasa pariwisata di Kota Malang saat ini.

Hal ini bahkan terbilang mampu menutup okupansi hotel yang sempat berada di angka 10 persen kunjungan di masa libur Lebaran tahun 2021. "Kalau dilihat kondisi dari sektor pariwisata, yang bisa diangjat itu kegiatan-kegiatan yang sifatmya meeting. MICE ya," ujar Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni.

Apalagi, menurutnya, kini pihak perhotelan di Kota Malang juga menghadirkan inovasi dalam menggaet tamu. Meski, tidak untuk tamu kamar. Salah satunya, dari segi sajian menu makanan yang cukup dianggap membantu keuntungan sektor tersebut.

"Karena okupansi selama Lebaran itu hanya 10 persen, tapi keuntungan kita dibantu oleh kegiatan-kegiatan hotel. Terutama kulinernya, pendongkraknya disitu," imbuhnya.

Sementara, untuk kunjungan ke destinasi-destinasi wisata, seperti kawasan kampung tematik, dijelaskannya masih sangat sedikit. Mengingat, selain membatasi jumlah wisatawan yang masuk, pengelola kampung tematik masih enggan untuk beroperasional.

"Okupansi dan kunjungan ke kampung-kampung tematik ini lebih bagus sebelum lebaran. Jadi belum terangkat ya. Banyak yang belum buka juga karena waspada (Covid-19)," pungkasnya. 

Topik
Kunjungan WisataOkupansi HotelKota Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru