Santri di Kota Malang Dapat Fasilitas Swab Gratis, Ini Syaratnya!

May 31, 2021 14:11
Ilustrasi. (Foto: AP/Kay Nietfeld).
Ilustrasi. (Foto: AP/Kay Nietfeld).

MALANGTIMES - Kepulangan para santri di masa pandemi Covid-19 menjadi perhatian khusus Pemerintah Kota (Pemkot) Malang. Karenanya, dalam hal ini para santri diberikan fasilitas Swab Test gratis saat akan pulang atau kembali ke pondok pesantren (Ponpes) yang dinaungi.

Apalagi, bagi para santri yang akan kembali ke Ponpes masing-masing harus membawa surat keterangan sehat bebas dari Covid-19. Sehingga, dengan memanfaatkan Swab Test gratis tersebut akan lebih memudahkan santri-santri.

Fasilitasi ini diberikan juga sebagai upaya untuk menekan penyebaran kasus Covid-19 di Kota Malang. Namun, guna bisa mengikuti Swab Test gratis ini, ada prosedural yang harus dilakukan oleh pihak pondok pesantren terkait.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, dr Husnul Muarif mengatakan, fasilitas yang diberikan Pemkot Malang bagi para santri tersebut berupa pemeriksaan swab antigen.

Di mana, agar bisa dilakukan pemeriksaan, pihak ponpes diminta untuk mengkoordinasikan dan mengajukan permohonan pemeriksaan swab antigen kepada Pemkot Malang melalui Dinkes Kota Malang dan Satgas Covid-19 Kota Malang.

"Jika sudah dikoordinasikan, nanti tim akan menyiapkan alat sesuai dengan jumlah santri yang akan kembali ke Ponpes," ujarnya.

Lebih jauh, dalam pelaksanaan pemeriksaan layanan swab antigen ini, dikatakan Husnul, akan dilakukan di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kota Malang. Pihaknya, saat ini juga melakikan sosialisasi kepada koordinator-koordinator Ponpes di Kota Malang.

"Sudah kami sampaikan ke koordinator-koordinator pemulangan santri. Kita bisa memfasilitasi. Beberapa hari lalu, kami juga sampaikan ke santri-santri yang mau kembali ke Gontor," tandasnya.

Topik
karyawan terjepitSantriKota Malangpondok pesantren

Berita Lainnya

Berita

Terbaru