Syekh Arab Saudi Singgung Jamaah Haji Indonesia yang Suka Selfie di Masjid Nabawi

May 31, 2021 09:40
Syekh Arab Saudi sindir jamaah haji Indonesia.(Foto: YouTube Aby23)
Syekh Arab Saudi sindir jamaah haji Indonesia.(Foto: YouTube Aby23)

INDONESIATIMES - Kegiatan swafoto atau selfie memang merupakan salah satu hobi bagi banyak orang. Dalam berbagai kegiatan pu,  biasanya mereka selalu berselfie atau mendokumentasikan kegiatan mereka. 

Tak terkecuali kegiatan yang skaral. Dengan selfie, memang kita bisa memilih sudut terbaik dari wajah sendiri. 

Namun, kebiasaan ini ternyata mengundang kritik tajam dari ulama besar di Arab Saudi. Terutama untuk umat Islam Indonesia. 

Melalui ceramahnya, Syekh Sulaiman   menyinggung banyaknya jamaah haji asal Indonesia yang doyan selfie di Masjid Nabawi, Madinah. Video ceramah Syekh Sulaiman itu pun viral di media sosial baru-baru ini. 

Syekh Sulaiman lalu memberikan ceramah kritikan dan diselipi humor. Menurut dia, warga Indonesia di Masjid Nabawi tak konsentrasi mendengarkan ceramah-ceramah para ulama. 

Bukannya fokus ibadah, mereka malah sibuk berfoto ria. "Ada pula yang ambil gambar selfie sedang mengangkat tangan, padahal tidak berdoa sama sekali," ujarnya  disambut tawa jamaah. 

"Dia tidak mendengar khutbah sama sekali. Terkadang dia dusta juga ketika mengambil foto, "tolong fotoin aku", ucapnya lalu mencotohkan sambil memeragakan saat jamaah Indonesia berfoto. 

Lebih lanjut, Syekh Sulaiman mengatakan  perbuatan itu hukumnya haram. "Bahkan kukatakan ini dalam ceramahku di Masjid Nabawi," cetusnya. 

Topik
Selfie di Masjid NabawiPembagian jenis SIM Cswafoto

Berita Lainnya

Berita

Terbaru