Kronologis Pencurian Burung Berujung Penusukan di Kota Malang, Viral dan Bikin Geger!

May 30, 2021 07:46
Tampak kedua pelaku yang terikat tali tampar dan tersungkur ke aspal saat diamankan oleh puluhan warga sekitar, Sabtu (29/5/2021). (Foto: Tangkapan layar video viral) 
Tampak kedua pelaku yang terikat tali tampar dan tersungkur ke aspal saat diamankan oleh puluhan warga sekitar, Sabtu (29/5/2021). (Foto: Tangkapan layar video viral) 

MALANGTIMES - Aksi dua pelaku pencurian burung di Jalan Teluk Grajakan, Kecamatan Blimbing, Kota Malang yang viral pada Sabtu (29/5/2021) kemarin secara berangsur terungkap. Polisi yang pun berhasil menangkap pelaku dan mengamankan dari amukan massa. Kronologis aksi pencurian itu pun akhirnya mulai dibeberkan.

Kapolsek Blimbing Kompol Hery Widodo menyebutkan, dua orang pelaku pencurian burung tersebut merupakan warga Kabupaten Malang. Yakni pelaku pertama atas nama Santoso (34) warga Desa Sumberejo, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang. Kemudian pelaku kedua atas nama Bambang Hariyanto (29) warga Desa Balesari, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang.

Kemudian, perwira yang akrab disapa Hery ini menjelaskan kronologis kejadian aksi pencurian yang dilakukan oleh dua orang pelaku tersebut dengan mencari target sasaran terlebih dahulu.

"Sekitar pukul 10.00 WIB, kedua tersangka yaitu bernama Santoso (34) dan Bambang Hariyanto (29) sedang mencari sasaran pencurian di Jalan Simpang Teluk Grajakan. Sesampainya di Jalan Simpang Teluk Grajakan, kedua tersangka beraksi menyasar rumah milik Achmad Kusairi (40)," ungkapnya kepada MalangTIMES.com, Sabtu (29/5/2021). 

Pada saat pelaksanaan aksi pencurian tersebut, disampaikan Hery bahwa yang menjadi eksekutor dalam pencurian burung yakni pelaku atas nama Bambang Hariyanto. 

"Bambang bertindak sebagai eksekutor mencuri sangkar yang berisi tiga ekor burung kenari milik korban. Sedangkan Santoso menunggu di atas sepeda motor sambil melihat kondisi sekitar," terangnya. 

Perwira dengan satu melati dipundaknya ini melanjutkan bahwa saat aksi pencurian burung tersebut, korban atas nama Achmad Kusairi (40) mengetahui aksi kedua pelaku dan langsung berteriak. Kedua pelaku pun langsung melarikan diri dari rumah Achmad Kusairi (40). 

Dari teriakan korban, warga di sekitar mendengar dan langsung keluar rumah untuk mengejar dan berusaha menangkap kedua pelaku yang telah mencuri burung bersama dengan sangkarnya milik korban. 

Kemudian puluhan warga berhasil menangkap pelaku atas nama Bambang Hariyanto. Sedangkan untuk pelaku atas nama Santoso berupaya untuk melarikan diri dengan menggunakan sepeda motornya. 

"Karena kondisi jalan macet, warga berhasil mencabut kunci kontak sepeda motornya. Saat akan diamankan, Santoso mengeluarkan senjata tajam berupa gunting dan obeng. Sajam gunting itu disabetkan dan melukai perut sebelah kiri salah satu warga yang berusaha mengamankan bernama Yanuar Wijayanto (26)," jelasnya.

Beruntungnya, luka dari sabetan gunting Santoso tidak menembus perut Yanuar Wijayanto, melainkan menimbulkan luka berdarah yang kondisinya tidak cukup parah. Kemudian pelaku atas nama Santoso pun berhasil diamankan oleh puluhan warga dengan diikat menggunakan tali tampar. 

Setelah beberapa saat dan mendapatkan laporan dari warga, anggota dari Polsek Blimbing pun mendatangi TKP (Tempat Kejadian Perkara) untuk mengamankan kedua pelaku pencurian burung tersebut. 

Dari hasil pemeriksaan terhadap dua orang pelaku pencurian burung tersebut, ditemukan beberapa barang bukti. Diantaranya satu unit motor matic Honda Scoopy, satu buah obeng, satu buah gunting, satu buah tang kabel, satu buah handphone, uang tunai Rp 30 ribu, sangkar burung, beserta burung kenari milik korban. 

Hery juga menyampaikan, setelah melalui proses pemeriksaan dan penyelidikan, ternyata kedua pelaku merupakan residivis. "Diketahui, kedua tersangka merupakan residivis kasus curas. Selain itu, kedua tersangka ini baru saja bebas dari Lapas Kelas I Malang sekitar satu bulan yang lalu," bebernya. 

Atas perbuatannya, kedua pelaku pencurian burung tersebut dikenakan Pasal 365 KUHP dengan ancaman kurungan penjara paling lama sembilan tahun. 

Topik
pencurian BurungKota Malangpolsek blimbingaksi pencurianberita viral

Berita Lainnya

Berita

Terbaru