Layaknya di Bali, Kota Batu Suguhi Wisatawan dengan Pertunjukan Glendo Barong

May 28, 2021 20:53
Wisatawan dan pemain saat menunjukkan aksi Glendo Barong di Sendratari Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Jumat (28/5/2021). (Foto: istimewa)
Wisatawan dan pemain saat menunjukkan aksi Glendo Barong di Sendratari Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Jumat (28/5/2021). (Foto: istimewa)

BATUTIMES - Sebanyak  43 wisatawan asal Makassar terpukau melihat salah satu pertunjukan kebudayaan yang ditampilkan di Sendratari Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Jumat (28/5/2021). Pertunjukan yang membuat mereka terpukau adalah kesenian Glendo Barong.

Kurang lebih selama satu jam, para seniman Kota Batu itu menampilkan karyanya di hadapan para wisatawan. Pertunjukan Glendo Barong Geprok ini dikemas dengan sebuah alur cerita. 

Kesenian yang ditampilkan oleh aksi kurang lebih sepuluh orang ini menampilkan tarian yang kemudian memainkan barong terbuat dari kayu seberat 65 kilogram. Aksi utamanya itu diberi nama geprok.

Ya untuk mendapatkan suara prok, barong seberat 65 kilogram itu harus digeprokkan pada bagian paha hingga mendapatkan suara.

Tak ketinggalan, wisatawan pun ikut beraksi bersama para pemain alias flash mob. Para wisatawan itu sangat menikmati permainan gamelan hingga menari dan sebagainya. "Memang dalam pertunjukan ini, kami memberikan edukasi kepada penonton,” kata Komisaris Hello Batu Indonesia Tour and Travel Moch. Ikhsan.

Ya pertunjukkan itu dibuat untuk menciptakan destinasi baru kebudayaan di Kota Batu. Untuk kali pertama, wisatawan diajak menyaksikan pertunjukan kebudayaan layaknya i di Bali

“Ini ide dari teman-teman guide Kota Batu. Mencipatakan destinasi wisata baru dengan mencoba potensi lokal kesenian tradisional yang ada,” imbuh Ikhsan.

Kegiatan tersebut dari Biro Hello Batu Indonesia Tour and Travel bersama travel agen Makassar yang difasilitasi Dinas Pariwisata di Kota Batu. Kegiatan seni ini diharapkan ke depan bisa mendatangkan wisatawan. “Harapan kami, adanya pertunjukan seperti ini bisa mendatangkan wisatawan ke Kota Batu,” tutup pria yang akrab disapa Saibo ini.

Topik
Sambel Pecel Mak TiGlendo Barong GeprokWISATA KOTA BATU

Berita Lainnya

Berita

Terbaru