Bulan Juli, PTM Dilaksanakan Jenjang SMP di Kota Batu

May 27, 2021 20:06
Beberapa siswa SD saat mengikuti ujian tatap muka di SDN Mojorejo 1. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Beberapa siswa SD saat mengikuti ujian tatap muka di SDN Mojorejo 1. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

BATUTIMES - Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Batu akan menjadi yang pertama melangsungkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di tengah pandemi Covid-19. Rencananya PTM itu akan berlangsung pada bulan Juli mendatang.

Untuk bisa menggelar PTM itu secara teknis harus mengikuti Peraturan Wali Kota Batu No 6 tahun 2021. Rinciannya, PTM digelar secara berjenjang. Kemudian PTM digelar mulai kelas IX dan setingkatnya.

Selanjutnya jika dalam PTM berjalan lancar, tidak ada kasus Covid-19 bisa dilaksanakan kembali sampai jenjang kelas di bawahnya. “Kemudian untuk para guru SMP sudah divaksinasi secara lengkap,” ungkap Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kota Batu, Hariadi.

Sejauh ini ada 2 ribu guru jenjang SMP telah disuntikkan vaksin Covid-19. Sementara jumlah guru seluruh jenjang pendidikan yang didaftarkan vaksinasi ada 4 ribu orang.

Ia menambahkan, saat masuk nantinya sekolah harus benar-benar ketat protokol kesehatan. Lalu masing-masing kelas diisi sejumlah 16 sampai 18 siswa.

“Juga ada persetujuan dari wali murid, nantinya kalau wali murid setuju adanya pembelajaran tatap muka jadi bisa laksanakan,” imbuhnya.

Namun nantinya pihak sekolah harus menyediakan dua metode pembelajaran. Yakni dengan virtual dan tatap muka. Jika wali murid setuju bisa mengikuti pembelajaran tatap muka namun hanya sekali dalam satu minggu. Kemudian dalam sehari siswa nendapatkan dua mata pelajaran.

Selain itu kini Pemkot Batu juga sedang mempersiapkan video sosialisasi teknis penerapan protokol kesehatan dalam penyelenggaran pendidikan di masa pandemi. Dalam hal ini Dinas Pendidikan Kota Batu bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika.

“Video visualisasi itu kontennya tentang teknis protokol kesehatan, karena itu adalah syarat mutlak untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka. Yang berpedoman sesuai dengan perwali,” tutup Hariadi.

Topik
pembelajaran tatap mukapantai batu bengkung malangDinas Pendidikan Kota Batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru