Perkuat Sektor Pariwisata, 3 Daerah Malang Raya Teken MoU

May 27, 2021 16:25
Wali Kota Malang Sutiaji (paling tengah memakai blangkon) saat menandatangani kesepakatan bersama 3 daerah Malang Raya, di Kantor Bakorwil III Malang, Kamis (27/5/2021). (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Wali Kota Malang Sutiaji (paling tengah memakai blangkon) saat menandatangani kesepakatan bersama 3 daerah Malang Raya, di Kantor Bakorwil III Malang, Kamis (27/5/2021). (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Sektor pariwisata menjadi salah satu yang dibidik untuk memulihkan perekonomian nasional di tengah pandemi Covid-19. Hal ini pula yang menjadi perhatian khusus 3 daerah di Malang Raya, yakni Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu.

Guna menunjang pariwisata semakin maju, ketiga daerah Malang Raya secara khusus melakukan MoU atau penandatanganan kesepakatan bersama tentang kerja sama Pembangunan Daerah di wilayah Malang Raya.

MoU tersebut dilakukan oleh Wali Kota Malang Sutiaji, Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto, dan Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso, di Kantor Bakorwil III Malang, Kamis (27/5/2021).

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan, sinergitas tiga daerah di Malang Raya ini salah satunya untuk memperkuat bidang pariwisata. Seperti terkait jargon untuk bidang pariwisata yang sejatinya akan mengacu pada satu ikon "Wonderful Indonesia".

"Nanti, publish pariwisata itu tidak sendiri-sendiri, jadi saja Wonderful Indonesia. Dengan tetap mengenalkan potensi pariwisata di Kota Malang menyuguhkan apa, Kabupaten Malang apa, Kota Batu pun demikian. Sehingga minim biaya, tapi lebih kuat (sektor pariwisata)," ujarnya.

Penguatan itu, beberapa di antaranya dengan rencana pembangunan jalan tembus di wilayah Sulfat. Di mana, dalam hal ini dikatakan Sutiaji, nantinya bakal tetap melibatkan wilayah di Kabupaten Malang, guna memecah kemacetan.

Hingga, rencana pembangunan Jembatan Tlogomas, yang menjadi penghubung yang bakal menjadi jalur alternatif dari Jl Raya Tlogomas ke Jl Saxophone, yang tetap melibatkan 2 daerah Malang Raya lainnya.

"Saat ini Kota Malang lagi membangun Jembatan di Tlogomas, itu akan berfungsi dan memecahkan arus lalu lintas," imbuhnya.

Selain perihal pembangunan, sinergi 3 daerah Malang Raya ini juga membidik hal lainnya. Seperti, berkaitan dengan penguatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di daerah.

Apalagi, tiga daerah ini dinilai saling berkesinambungan. Mengingat, tak sedikit dari warga Kota Malang bekerja di wilayah Kabupaten Malang dan Kota Batu, begitu pun sebaliknya.

Apabila, hal-hal tersebut mampu dikuatkan secara optimal, Sutiaji optimis potensi pariwisata guna penguatan perekonomian juga akan semakin berjalan dengan baik.

"Maka sinergi ini harus dikuatkan, bukan hanya pembangunan, berkaitan dengan UMKM, termasuk UMK, dan kebijakan daerah lainnya. Kita diberikan apresiasi oleh Presiden, kalau daerah mampu menghilangkan ego sektoral kepartaian, kekuasaan daerahnya, maka pembangunan kita ini akan menghasilkan," tandasnya.

Topik
MALANG RAYApemda Malang RayaSutiajiDidik Gatot SubrotoPunjul Santoso

Berita Lainnya

Berita

Terbaru