Target Vaksinasi Lansia Masih 21 Persen, Pemkot Batu Kebut pada Hari Lanjut Usia Nasional

May 27, 2021 14:21
Lansia saat disuntikkan vaksin oleh tenaga kesehatan di Puskesmas Batu beberapa saat lalu. (Foto: JatimTIMES)
Lansia saat disuntikkan vaksin oleh tenaga kesehatan di Puskesmas Batu beberapa saat lalu. (Foto: JatimTIMES)

BATUTIMES - Pemkot Batu menargetkan vaksinasi Covid-19 pada lansia (lanjut usia) hingga 14.443 orang, namun hingga saat ini masih mencapai 3.064 orang atau 21,21 persen. Rendahnya target Pemkot Batu harus mengejar ketinggalan Pemkot Batu.

Salah satu upaya untuk mengejar target tersebut adalah memberikan pelayanan vaksinasi pada Hari Lanjut Usia Nasional pada Sabtu (29/5/2021) mendatang. Ditargetkan pada hari itu bakal melayani 1.350 orang. 

Rencananya vaksinasi akan berlangsung di tujuh lokasi. Lima di antaranya ada di Puskesmas Batu, Puskesmas Bumiaji, Puskesmas Junrejo, Puskesmas Beji, dan Puskesmas Sisir. Di sana masing-masing akan melayani 750 orang.

“Dua tempat umum ini di dua tempat itu di Lippo Plaza Batu dan Hotel El Royale Kartika Wijaya. Masing-masing akan melayani kurang lebih 300 orang,” ucap Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Batu, dr. Susana Indahwati.

Jumlah kuota pelayanan pada  masing-masing puskesmas itu tidak seperti biasanya. Sebab hari-hari biasa hanya mencapai 150 orang. “Biasanya tempat pelaksanaan vaksin itu dijatah 150 orang,” imbuhnya.

Prioritas vaksinasi pada lansia itu memang gencar dilakukan mengingat kelompok umur tersebut rentan akan terpapar Covid-19. Sehingga Pemkot Batu berupaya mencapai target tersebut.

“Kami berupaya supaya bisa mencapai target. Karena lansia rentan akan Covid-19, sehingga harus mendapatkan vaksinasi dua kali,” ujar Susan. 

Diberitakan warga Kota Batu yang telah disuntikkan vaksin Covid-19 sejumlah 16.690 orang. Mereka ada yang disuntikkan vaksin Covid-19 Sinovac, ada juga Astrazeneca. Dari jumlah tersebut kategori tenaga kesehatan, lansia, pelayanan publik. 

Topik
vaksinasi kota batuVaksin Covid 19

Berita Lainnya

Berita

Terbaru