Tak Perlu Harus Mahir Dulu, Kuliah di Prodi PBS Diajari Mulai dari Level Basic

May 27, 2021 14:16
Open House bertajuk Talkshow. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan seputar perkuliahan di dalam Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Unikama. Talkshow ini dilakukan secara daring melalui live YouTube Universitas PGRI Kanjuruhan Malang dan terbuka untuk umum (Ist)
Open House bertajuk Talkshow. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan seputar perkuliahan di dalam Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Unikama. Talkshow ini dilakukan secara daring melalui live YouTube Universitas PGRI Kanjuruhan Malang dan terbuka untuk umum (Ist)

MALANGTIMES - Kuliah di Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBS) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) tak perlu harus mahir terlebih dulu dalam bahasa Inggris. Sebab, meskipun mahasiswa tak bisa bahasa Inggris mulai dari level basic, hal tersebut bukan jadi halangan. 

Riza Weganofa, M.Pd selaku Ketua Prodi, menjelaskan jika masuk Prodi Pendidikan Bahasa Inggris memang tidak harus mahir berbahasa Inggris. Prodi ini memberikan pelayanan maksimal dan berkomitmen untuk mencetak SDM sehingga dalam perkuliahan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris memberikan pembelajaran mulai dari level basic

"Untuk masuk ke Prodi PBS tidak harus bisa berbahasa Inggris, karena di semester I Prodi memiliki mata kuliah Integrated Course yang mewadahi semua mahasiswa agar bisa practice speak English dari level basic," terangnya.

Meskipun dalam tingkat penguasaan mahasiswa baru satu dengan yang lainnya berbeda, namun hal tersebut tak lantas membuat perbedaan dalam segi pemberian materi. Semua mahasiswa baru, baik yang sudah berada di tahapan advance ataupun tahapan intermediate atau bahkan level basic akan sama-sama mendapatkan materi mulai dari awal.

“Misalnya ada mahasiswa baru yang sudah ada di tahapan advance atau tahapan intermediate atau basic jangan khawatir. Semua mahasiswa akan mulai di level yang sama dari basic, intermediate, kemudian advance. Jadi semua akan memiliki skill yang sama, hal ini terbukti dan bisa ditanyakan kepada para alumni. Kurikulum ini sudah kami terapkan sejak tahun 2014, itulah yang spesial dari Prodi kami,” terangnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, jika untuk masuk Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, mahasiswa menjalani tes kemampuan umum. Sehingga, dalam prosesnya tak hanya harus melulu tes speaking, reading, listening dan writing. Selain itu, masuk dalam Prodi Pendidikan Bahasa Inggris tidak harus menjadi guru. Sebeb, selain materi utama, banyak sekali course yang akan dipelajari di sini.

Terlebih lagi, dalam penerapan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), proses pembelajaran akan lebih menarik dan juga mendapatkan banyak pengalaman yang akan menjadi bekal lulusan menuju dunia kerja atau industri. Selain itu, jalinan kerjasama dengan mitra juga dilakukan untuk mendukung dalam upaya mencetak mahasiswa berkualitas dan siap membantu mendidik mahasiswa dalam dunia usaha.

“Tidak perlu diragukan lagi untuk bergabung di Unikama terutama Prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Di tahun ini Prodi mendapatkan Hibah MBKM, dengan artian kami siap untuk mencetak lulusan yang cepat terserap oleh dunia kerja atau industri seperti harapan Kemdikbud. Untuk kurikulum kami juga sudah terupgrade dalam pengimplementasian MBKM," pungkasnya.

Topik
demo bumi puteraMahasiswi UnikamaUnikama
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru