Tak Kantongi IMB, DPMPTSPTK Kota Batu Gandeng Pemdes Siap Berantas Pembangunan Ilegal

May 26, 2021 13:55
Sidak tim gabungan pada Pengembang Rumah yang tidak memiliki izin di Desa Beji Kecamatan Junrejo, Kota Batu (foto ilustrasi/dok Jatim Times)
Sidak tim gabungan pada Pengembang Rumah yang tidak memiliki izin di Desa Beji Kecamatan Junrejo, Kota Batu (foto ilustrasi/dok Jatim Times)

BATUTIMES - Melihat kondisi Kota Batu sebagai Kota Pariwisata, banyak para investor yang mendirikan bangunan. Namun, beberapa bangunan terpantau tak mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Hal itu membuat Dinas Perizinan Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSPTK) Kota Batu bersama Pemdes akan memberantas bangunan ilegal atau menekan terkait hal itu.

Kasi Pengawasan dan Pengendalian (Wasdal) Bidang Penanaman Modal DPMPTSPTK Bambang Priambodo mengatakan, tercatat, pelanggaran yang terjadi rata-rata mencapai 2-3 bangunan perbulannya. Baik berupa resto maupun perumahan. Kejadian seperti ini juga terjadi di kota-kota pariwisata lainya. Sebab, seiring perkembangan sebagai kawasan kunjungan wisata. Daya tarik panorama alam yang memukau menjadi salah satu faktor  investor untuk menanamkan investasinya di Kota Batu.

"Dari tingginya investasi, terutama pada aspek pemanfaatan lahan dan ruang, perlu pula pengawasan yang komprehensif. Sehingga, jika menggandeng pemdes maka potensi terjadinya pembangunan ilegal bisa ditekan hingga sedemikian rupa," ujarnya, Rabu (26/5/2021).

Sementara itu, Ketua Asosiasi Petinggi Lurah (APEL) Kota Batu Wiweko siap mendukung hal tersebut. Ia mengungkapkan, di Kecamatan Bumiaji dan Kecamatan Batu sering menjadi incaran investor untuk mengembangkan usaha baik perumahan, restoran, maupun pariwisata. 

"Setiap kepala desa memang sempat mendapatkan kunjungan dari Pemkot untuk masalah bangunan ilegal ini. Apalagi terkadang ada investor nakal yang tidak memberikan kewajiban berupa tanah makam ketika mendirikan usaha. Ya kami berharap pihak eksekutif juga bisa terbuka dengan memberikan data bangunan tak berizin kepada masing-masing desa," ujarnya.

Topik
bangunan ilegal di kota batuasosiasi petinggi lurah kota batupemain asing persikkades di wuluhan jemberizin mendirikan bangunan (IMB)

Berita Lainnya

Berita

Terbaru