Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Malam Ini Gerhana Bulan Total Akan Terlihat, BMKG Karangkates Imbau Hal Ini

Penulis : Fery Arifiansyah - Editor : Heryanto

26 - May - 2021, 11:30

Gerhana Bulan Total. (Foto: Pixabay)
Gerhana Bulan Total. (Foto: Pixabay)

MALANGTIMES - Fenomena gerhana bulan total akan terlihat malam ini, Rabu (26/5/2021) di seluruh wilayah Indonesia, khususnya Malang Raya.

Fenomena gerhana bulan total yang juga disebut Super Blood Moon ini dapat dilihat nanti malam sekitar pukul 18.18 WIB.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Karangkates Mamuri membenarkan adanya fenomena tersebut.

"Iya nanti malam akan ada fenomena gerhana bulan total. Memang mulainya di saat bulan terbit hingga berakhirnya di jam 20.51 WIB," ujarnya ketika dihubungi, Rabu (26/5/2021).

Menurutnya gerhana bulan total tersebut dapat terlihat di seluruh wilayah Indonesia, kecuali di daerah tertentu seperti Riau bagian utara, Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan Aceh. Namun untuk wilayah Malang Raya, fenomena ini dapat terlihat dan disaksikan langsung.

BMKG Karangkates juga membeberkan bahwa puncak gerhana bulan akan terlihat di pukul 18.18 WIB dan akan berakhir di pukul 20.51 WIB.

Sementara itu, terkait dengan fenomena gerhana bulan total, sebagian warga juga khawatir dengan adanya berita tentang banjir rob yang akan melanda pesisir. Namun, Mamuri menegaskan jika banjir rob dinilai tidak akan membahayakan karena bukan termasuk ancaman.

"Berkaitan dengan banjir rob itu sebenarnya bukan ancaman ya, karena setiap bulan purnama kan air laut pasang. Jadi mungkin ada sedikit kenaikan ketika terjadi gerhana bulan," imbuhnya. 

Fenomena gerhana bulan total ini, nantinya akan dapat disaksikan lagi di tahun 2033 mendatang. Untuk itu, BMKG mengajak warga agar dapat menyaksikan fenomena gerhana bulan total ini nanti malam, tanpa menunggu beberapa tahun lagi.


Topik

Peristiwa


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Fery Arifiansyah

Editor

Heryanto