Pengguna Google Photos akan Terima Tagihan Mulai Bulan Depan, Segini Biayanya!

May 26, 2021 07:53
Google Photos (Foto: Google)
Google Photos (Foto: Google)

INDONESIATIMES - Penggemar Google Photos rupanya akan terkejut dengan munculnya kebijakan baru ini. Hingga saat ini diketahui, pengguna masih dapat mengunggah gambar tanpa dialihkan ke cloud dan bebas biaya sepeser pun.

Meskipun Google selalu memiliki batas 15 GB untuk gambar dan video beresolusi tinggi dan tidak terkompresi, tidak masalah membiarkan kita semua mengirim foto smartphone (16MP atau lebih rendah) ke server online secara gratis.

Hal ini telah membantu menjadikan Google Photos sebagai salah satu alat manajemen foto paling populer yang tersedia. Bagi mereka yang khawatir kehilangan semua foto keluarga atau liburan jika mereka salah meletakkan (atau merusak) ponsel cerdas mereka, cadangan cloud tanpa akhir dan tidak terbatas merupakan nilai tambah yang besar.

Namun, siapa sangka kini peraturan itu semua akan berubah. Pasalnya, mulai 1 Juni 2021 dan seterusnya, semua gambar dengan apa pun kualitas yang diunggah, akan menghabiskan jatah 15 GB itu.

Melansir melalui Express, setelah mencapai batas tersebut, pengguna harus membayar untuk menambahkan lebih banyak penyimpanan melalui layanan Google One. Harga untuk ruang ekstra mulai dari 1,59 poundsterling atau sekitar Rp 32.308 per bulan untuk 100 GB, 2,49 poundsterling atau kisaran Rp 50.586 untuk 200GB atau 7,99 poundsterling atau senilai Rp 162.322 untuk 2TB.

"Mulai 1 Juni 2021, konten berkualitas tinggi dan ekspres akan diperhitungkan dalam penyimpanan Akun Google Anda. Setelah mencapai batas penyimpanan, kamu dapat berlangganan ke Google One (jika tersedia ) penyimpanan tambahan atau hapus konten, untuk melanjutkan dengan opsi penyimpanan gratis di Foto," jelas Google.

Perlu diketahui, bahwa gambar apa pun yang diunggah sebelum 1 Juni tidak akan dihitung dalam batas 15GB itu, jadi ini bisa menjadi waktu untuk pengguna memilah-milah album dan menayangkannya secara online. Selain perubahan penyimpanan besar yang mulai berlaku bulan depan, ada pula pembaruan besar lain yang harus diketahui pengguna Google.

Hal itu dikarenakan perusahaan AS mengatakan Gmail, Google Photos, dan konten Google Drive bisa dihapus kecuali kamu mengikuti aturan baru.

Untuk mengatasi masalah data ini, Google memberi waktu 2 tahun bagi pengguna untuk masuk ke akun mereka. Siapa pun yang menjauh selama lebih dari 24 bulan kemudian bisa melihat hal-hal menghilang dengan Google memiliki opsi untuk mulai menghapus konten.

"Jika Anda tidak aktif selama 2 tahun (24 bulan) di Gmail, Drive, atau Foto, kami dapat menghapus konten di produk yang Anda nonaktifkan. Jika Anda melebihi batas penyimpanan selama 2 tahun, kami mungkin hapus konten Anda di Gmail, Drive, dan Foto," kata perusahaan itu.

Pengguna nantinya akan mendapatkan banyak pemberitahuan sebelum foto mereka dikirim ke tempat sampah dengan siapa pun, yang terkena dampak menerima email untuk memberi tahu mereka bahwa konten mereka dapat dihapus sehingga mereka harus memiliki banyak waktu mengatur semuanya.

Topik
google onetarif google photosdunia teknodunia tekno

Berita Lainnya

Berita

Terbaru