Perayaan HUT Kota Malang ke 107

Hikma Mahasiswi Jogja Sabet Juara 1 Berkat Gugah Kenangan dengan Kuliner

May 25, 2021 22:47
Sosok Hikmatul Arifah Fitriani yang merupakan juara satu di Kompetisi TikTok Piala Wali Kota Malang. (Foto: Instagram @hikmaarifah) 
Sosok Hikmatul Arifah Fitriani yang merupakan juara satu di Kompetisi TikTok Piala Wali Kota Malang. (Foto: Instagram @hikmaarifah) 

MALANGTIMES - Kompetisi TikTok Piala Wali Kota Malang yang digagas JatimTIMES.com bersama Pemerintah Kota Malang mengukuhkan 10 pemenang. Para pemenang kompetisi yang didukung Apartemen The Kalindra dan Indomaret ini dari 30 nominator yang dipilih langsung oleh Wali Kota Malang Sutiaji.  

Juara 1 diraih oleh Hikmatul Arifah Fitriani (22). Hikma panggilan akrab-Hikmatul Arifah Fitriani-, ini bisa berhasil memikat hati para juri dengan sajian kuliner di Kota Malang. Sajian Hikma berhasil menggugah selera, dan menggugah kenangan berada di Kota Malang. 

Perempuan asal Tulungagung menjelaskan pembuatan video TikTok berdurasi satu menit dengan mengangkat tema kuliner di Kota Malang bukan hal yang sulit. Maklum, dia punya segudang foto dan video kuliner enak-enak di Kota Malang. Bahkan, sebelum mengikutkan karyanya pada lomba, dia udah mengenalkan dan merekomendasikan kuliner di Kota Pendidikan ini.

"Kebetulan kemarin itu saya yang upload video itu di periode awal gitu. Jadi untuk pembuatan kontennya itu, saya kan sering ke Malang. Jadi itu footage karena saya memang suka merekam-rekam. Dan itu sudah dikumpulin dari Bulan Desember 2020 sampai Bulan Maret 2021 saat beberapa kali ke Malang terkait kuliner," ungkapnya kepada MalangTIMES.com melalui saluran telepon, Selasa (25/5/2021). 

Lanjut Hikma, setelah beberapa footage video digunakan, ketika disusun dalam konsep video TikTok serta narasi yang diucapkan oleh Hikma hasilnya pun begitu menarik. Yang dibuktikan peraihan juara satu di Kompetisi TikTok Piala Wali Kota Malang. 

"Jadi udah dari dulu memang senang ngevideoin waktu kulineran. Jadi saya lihat lagi, beberapa itu bisa dipakai. Akhirnya saya bikin video TikTok itu," tuturnya. 

Untuk spot kulinernya sendiri kata Hikma dirinya memilih jajanan kuliner khas yang ada di Kota Malang yang dirinya suka. Mulai dari makanan hingga minuman, semuanya masuk dalam daftar wisata kuliner Hikma ketika berkunjung ke Kota Malang. 

"Kalau spot kulinernya itu yang saya suka gitu kuliner di Kota Malang. Kayak kemarin itu ada Es Teler Dempo, Rawon Nguling, Bakso Bakar itu yang kayaknya jadi khasnya ya mungkin," terangnya. 

Terlebih lagi, Hikma menuturkan bahwa ia pernah mengenyam pendidikan selama tiga tahun di Kota Malang. Tepatnya di MAN (Madrasah Aliyah Negeri) 2 Kota Malang. Maka dari itu, banyak sekali kenangan di Kota Malang utamanya terkait jajanan kuliner di Kota Malang. 

"Kebetulan yang saya kangenin dari Kota Malang itu ya makanannya. Jadi saya mikir apa yang merepresentasikan Kota Malang, ya makanannya. Kayak nggak bisa digantiin. Soalnya kadang di beberapa daerah itu nggak ada, adanya di Kota Malang..Ada banyak kenangan di video itu. Karena video itu direkam saat saya berkunjung ke Kota Malang," bebernya. 

Lebih lanjut, Hikma pun merasa senang sekali karena telah dipercaya dan dapat memenangkan sebagai juara satu dalam Kompetisi TikTok Piala Wali Kota Malang. Namun, pada saat penyerahan tropi dan hadiah secara simbolis yang menerima bukanlah Hikma, melainkan ibunya yakni Etik Kurniasih.  

"Kebetulan saya memang ada urusan kampus di STM (Sekolah Tinggi Multimedia) Jogja. Ada kegiatan untuk pengurusan wisuda dan jadinya digantiin ibu saya," ujarnya. 

Etik Kurniasih ibu kandung Hikmatul Arifah Fitriani saat menerima hadiah secara simbolis.

Sementara itu, Etik Kurniasih selaku ibu dari Hikma yang mewakili untuk menerima tropi dan hadiah secara simbolia ini pun turut bangga atas prestasi yang ditorehkan anaknya. 

"Bersyukur sekali, alhamdulillaah, bangga dan marem juga. Sesuai dengan kuliahnya mas. Anak saya kuliah di STM Jogjakarta. Jadi memang bikin video, penyiaran dan lain-lain," ujarnya. 

Selain itu, Etik pun juga mengakui bahwa anaknya itu gemar atau hobi menikmati jajanan atau kuliner yang ada di Kota Malang. Maka dari itu konten yang digunakan untuk mengikuti Kompetisi TikTok Piala Wali Kota Malang yakni tema kuliner. 

"Kebetulan anaknya memang suka jajan. Dia dulu sekolah di MAN 2 Kota Malang. Makanya dia juga familiar dengan Kota Malang. Apalagi dengan jajanannya. Dia senang jajan," terangnya. 

Terakhir, Etik berharap agar anaknya dapat menjadi lebih kreatif dan dapat terus berkarya sebaik mungkin. "Semoga dia bisa lebih kreatif lagi untuk berkreasi. Semoga kedepannya bisa lebih kreatif, bisa lebih berguna untuk hal-hal yang baik untuk sesuatu yang baik," pungkasnya. 

Topik
Kompetisi TikTokPengetatan kendaraan di Kota MalangSutiajihajatan wargaKuliner Malang
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru