Dorong Pengembangan Pendidikan di UIN Malang, Ini Salah Satu Upaya Rektor Prof Haris

May 25, 2021 19:26
Rektor UIN Maliki Malang, Prof Abdul Haris (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Rektor UIN Maliki Malang, Prof Abdul Haris (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Rektor Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang Prof Abdul Haris terus mendorong untuk pengembangan pendidikan, khususnya di UIN Maliki Malang. Salah satu upayanya adalah terus mendorong bertambahnya fakultas-fakultas maupun prorgam studi baru.

Dalam sambutan pada kegiatan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Ketua dan Sekretaris Prodi Magister Bahasa dan Sastra Arab, Prof Abdul Haris menyampaikan untuk segera diwujudkannya Fakultas Huswudin dan Dakwah. 

"Saya bicara dengan Kepala Biro Administrasi Umum Perencanaan dan Keuangan (AUPK) dan Kepala Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama (AAKK) supaya sesegera mungkin dibentuk tim untuk membuka fakultas Huswudin dan Dakwah," jelasnya.

Menurut Prof Haris, dua hal ini merupakan hal yang sering dihindari. Sebab dikatakan orang jika dua hal ini tidak punya jaminan kehidupan yang layak pada para alumninya. Akan tetapi sebaliknya, dirinya begitu yakin seseorang yang mempunyai ilmu pasti Allah mempunyai cara untuk mengangkat derajatnya.

"Perlu tim untuk secepat mungkin dibuka fakultas itu dan teknik tentu dengan prosedur yang telah ditetapkan sesuai dengan fatwa," bebernya.

Lebih lanjut dijelaskannya, jika pihaknya merasa miris manakala di sebuah perguruan tinggi keagamaan Islam terlebih di UIN, malah tidak banyak prodi yang mempelajari agama. 

"Saya miris kalau UIN kemudian tidak banyak prodi yang mempelajari agama itu. Oleh karena itu kabiro AAKK saya minta berkonsultasi dengan Wakil Rektor 4 jangan ditunda meskipun waktu saya dan wakil-wakil rektor ini hanya 2 bulan, tapi harus membuat sesuatu yang baik, kita tinggalkan sesuatu yang tak baik sehingg tak jadi beban pimpinan berikutnya," paparnya.

Pihaknya juga menyampaikan kepada Ketua maupun Sekretaris Prodi Magister Bahasa dan Sastra Arab untuk nantinya sebelum genap dua tahun bisa mengusulkan prodi S3 Bahasa dan Sastra Arab. Begitu untuk Fakultas Humaniora, juga diharapkan untuk bisa mengusulkan S2 Bahasa dan Sastra Inggris.

"Begitu juga untuk Direktur, S3 Studi Islam ini sesegera mungkin bisa turun," pungkasnya.

Topik
Rektor UIN Maliki MalangUIN Maliki MalangProf Abdul HarisProf Haris

Berita Lainnya

Berita

Terbaru