UIN Malang Lantik 3 Pegawai Dalam Jabatan Baru

May 25, 2021 16:40
Rektor UIN Maliki Malang Prof Abdul Haris (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Rektor UIN Maliki Malang Prof Abdul Haris (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang melantik dan mengambil sumpah ketua dan sekretaris Program Studi (Prodi) Magister Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Humaniora serta jabatan fungsional pranata komputer ahli muda. 

Dr H Sutaman MA, yang sebelumnya merupakan pejabat sementara (pjs) ketua Prodi Magister Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Humaniora kini dilantik secara definitif menjadi ketua Prodi Magister Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Humaniora.

Dr Laily Fitriyani MPd yang sebelumnya menjabat pjs sekretaris Prodi Magister Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Humaniora kini resmi menjabat sekretaris Prodi Magister Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Humaniora.

Sedangkan  Lukluk SKom, yang sebelumnya menjabat pengelola situs web, diambil sumpah dalam jabatan baru sebagai pranata komputer ahli muda. 

Rektor UIN Maliki Malang Prof Abdul Haris menyampaikan,  kaprodi dan sekprodi harus jadi yang pertama mendesain (inovasi). Meskipun ada kurikulum yang dibuat waktu pengajuan izin, akan tetapi tetap perlu harus di-review kembali disesuaikan dengan perkembangan yang terjadi.

Kedua lembaga (UIN Malang) yang dibentuk harus dibuktikan  dengan segala daya dan upaya agar menjadi minat banyak  mahasiswa seperti halnya dulu dalam pembuatan.

"Tidak mungkin kita peroleh izin  tanpa ada kalkulasi bahwa prodi yang dibuka pasti ada pengguna jasa. Karena itu, saya mohon untuk betul-betul kerja keras membantu orang lain sesuai dengan desain prodi ini," terangnya.

Meski jabatan ini tinggal beberapa bulan,  tugas yang diemban harus dilakukan dengan sebaik-baiknya. Hal ini agar semua yang dilakukan bermanfaat untuk kepentingan kemajuan lembaga yang dipimpin.

"Kaprodi dan sekretaris harus segera menjalankan tugasnya sesuai dengan relevansi prodi. Saya juga berharap nantinya untuk bisa segera mengajukan prodi S3 bahasa dan sastra Arab," paparnya.

Lebih lanjut dijelaskan,  Prodi Bahasa dan Sastra Arab merupakan prodi yang penting. Sebab, kemampuan prodi bahasa Arab merupakan prodi penting dalam memperdalam kemampuan dalam bidang bahasa dan sastra Arab.

"Tidak ada bahasa yang paling terhormat kecuali bahasa Arab ini. Kita Komunikasi dengan Tuhan dengan bahasa Arab. Ya mungkin bolehlah kalau belum bisa bahasa Arab pakai bahasa Indonesia. Tapi menurut hukum fiqih, salat pakai bahasa Arab. Oleh karena itu, ini sangat penting," terangnya.

"Saya selalu digoda dengan dialog imajiner apakah prodi-prodi itu harus dijamin atau direlevansikan dengan kemungkinan kerja bagi para alumninya. Tapi saya berpendapat orang pinter pasti bisa bekerja," tambahnya.

Kemudian untuk pegawai yang diambil sumpah sebagai jabatan fungsional pranata komputer ahli muda, ditegaskan Haris, sapaan akrab rektor UIN Malang itu, agar benar-benar memaksimalkan kinerjanya untuk mengisi konten-konten pada website di UIN Maliki Malang.

Menurut dia, konten di website UIN Maliki Malang selama ini, dirasa masih kurang dan kurang ada perkembangan sesuai dengan kebutuhan yang sekarang.  "Oleh karena itu, mungkin harus didesain dengan tim. Kemudian akan lebih bagus jika dalam tiga bahasa, saat ini sudah mulai dan ini akan menjadi wajah dari UIN Malang," pungkasnya.

Topik
UIN Maliki Malangpelantikan pejabat

Berita Lainnya

Berita

Terbaru