8 Pegawai Dinas PU Kabupaten Blitar Alami KIPI Setelah Vaksinasi

May 24, 2021 16:54
Ilustrasi warga antri vaksinasi.(Foto : Team BlitarTIMES)
Ilustrasi warga antri vaksinasi.(Foto : Team BlitarTIMES)

BLITARTIMES - Delapan peserta vaksinasi Covid-19 AstraZeneca di Kabupaten Blitar disebut mengalami Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) serius. 

Hal itu dikonfirmasi oleh Plt Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar, Eko Wahyudi.

Dikatakan Eko, delapan orang yang mengalami KIPI adalah tenaga harian lepas (THL) Dinas PU PR Kabupaten Blitar. Mereka mengalami KIPI usai mendapatkan vaksin Covid-19 Astrazeneca tahap pertama. Gejala KIPI yang dialami meliputi gejala ringan seperti demam, mual dan pusing.

“Mereka yang mengalami KIPI telah ditangani oleh rumah sakit tempat diberikan vaksin. Mereka diberi obat untuk meredakan efek KIPI. Dari delapan orang itu, hanya ada satu yang harus dirawat karena muntah-muntah. Sisanya merupakan KIPI ringan yang kini sudah ditangani," ungkap Eko Wahyudi, Senin (24/5/2021).

Menurut Eko, KIPI yang dialami delapan orang tersebut wajar terjadi karena efek vaksin Astrazeneca memang diketahui lebih cepat terjadi. 

“Apa yang dialami oleh delapan orang itu masih masuk dalam kategori wajar,” tukasnya.

Lebih dalam Eko menyampaikan, data Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar menyebutkan saat ini total jumlah warga Kabupaten Blitar yang sudah mendapatkan vaksin mencapai angka 65.795. Dengan rincian, yang menerima vaksin Sinovac sebanyak 55.395 orang. Dengan laporan KIPI sebanyak 50 orang. Atau 0,009 persen.

“Sementara penerima vaksin Astrazeneca sebanyak 10.436 orang, dengan laporan KIPI sebanyak 164 atau 0,15 persen,” pungkasnya.

Topik
vaksin astrazenecapegawai pu pr kabupaten blitarseleksi calon sekdaCovid 19 Kabupaten Blitar

Berita Lainnya

Berita

Terbaru