Cegah Praktik Nakal, Dishub Kota Batu Bakal Perbanyak Pengawas Juru Parkir

May 24, 2021 14:23
Banyaknya kendaraan roda dua yang memarkirkan di area Alun-Alun Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Banyaknya kendaraan roda dua yang memarkirkan di area Alun-Alun Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

BATUTIMES - Dinas perhubungan Kota Batu berencana menambah jumlah pengawas juru parkir. Mengingat, jumlah pengawas juru parkir di Kota Batu mengalami kekurangan, atau tak seimbang dengan total juru parkir yang tersebar di berbagai titik Kota Apel ini. 

Berdasarkan data Dinas Perhubungan Kota Batu, tercatat ada 300 lebih juru parkir yang aktif. Sedangkan jumlah pengawas juru parkir hanya enam orang.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Batu Imam Suryono menyampaikan, saat ini Dinas Perhubungan Kota Batu masih membutuhkan lima hingga 10 orang tambahan untuk dijadikan pengawas juru parkir. Mengingat, masih ada saja juru parkir nakal dengan tidak memberikan karcis pada pelanggan yang parkir.

“Karena banyaknya juru parkir di Kota Batu, jumlah pengawasnya kurang. Sehingga dalam waktu dekat ini kamu akan melapor ke Badan Kepegawaian & Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSD),” ungkapnya.

Lebih jauh ia menambahkan, rekrutmen sangat dibutuhkan untuk menambah pengawas juru parkir. Pasalmya, pengawasan sangat penting untuk mengantisipasi adanya kebocoran retribusi parkir di Kota Batu.

Kemudian juga akan berkolaborasi dengan Aparat Penegak Hukum (APH), yakni menggandeng Kejaksaan dan Kepolisian. “Kami sudah memproses pembuatan MoU. Diperkirakan bulan depan penandatanganan MoU dilakukan,” tambahnya.

Dengan MoU itu tim gabungan akan turun ke lapangan. Tujuannya meninjau para juru parkir dibeberapa titik di Kota Batu. Di saat petugas turun lapangan mendapati juru parkir nakal akan langsung diberi tindakan.

“Seperti tidak membeirkan pelanggan karcis kepada pelanggan itu masuk pemerasan karena itu sudah haknya pelanggan,” ujar mantan Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu ini.

Topik
juru parkirtokoh mudaKota BatuRetribusi Parkir

Berita Lainnya

Berita

Terbaru