Optimis Pemulihan Ekonomi Kota Malang Lebih Cepat, Sederet Sektor ini Dikuatkan

May 23, 2021 13:48
Wali Kota Malang, Sutiaji. (Foto: Humas Pemkot Malang for MalangTIMES).
Wali Kota Malang, Sutiaji. (Foto: Humas Pemkot Malang for MalangTIMES).

MALANGTIMES - Pemulihan perekonomian nasional turut menjadi fokus utama di setiap daerah, termasuk di Kota Malang. Berbagai sektor pun terus diperkuat guna meningkatkan perekonomian.

Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan, Kota Malang optimis mampu lebih cepat dalam memulihkan perekonomian. Tentunya, dengan memperkuat berbagai sektor unggulan saat ini.

Ia menyebut, dari hasil survei yang telah dilakukan di Kota Malang, sektor industri makanan menjadi salah satu yang dibidik untuk dikembangkan di tengah masa pandemi Covid-19 ini.

Upaya untuk meningkatkan hal ini, dikatakan Sutiaji dengan cara memasarkan produk berbasis e-Commerce. Hal ini dinilai mampu menambah pundi-pundi pendapatan perekonomian, lantaran bisa lebih cepat diakses dan dikenal meluas.

"Seperti di sub sektor industri makanan olahan, khususnya frozen food. Jika sektor lain mengalami penurunan drastis, di Kota Malang (sektor industri makanan) justru mengalami peningkatan sebanyak 123 persen. Basic-nya adalah e-Commerce," ungkapnya.

Penguatan ini dilakukan dengan terus memberikan pendampingan dan pembinaan khususnya bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Malang. Tentunya, melibatkan instansi terkait yakni Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang dan terkait dukungan pendanaan dari Bank Jatim.

"Kami terus bersama Diskopindag akan menguatkan ini, dan funding-nya Bank Jatim untuk bisa memberikan kontribusi secara riil. Harapannya ke depan tidak ada masalah lagi terkait pendanaan. Kalau ini dilakukan, saya yakin Kota Malang akan mengalami lonjakan ekonomi yang luar biasa," pungkasnya.

Untuk diketahui, upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Malang ini juga seiring dengan instruksi dari Presiden Joko Widodo yang menargetkan, pada kuartal ke 2 tahun 2021 ini (April, Mei, Juni) tingkat pertumbuhan ekonomi nasional bisa mencapai 7 persen.

Topik
pemulihan ekonomiKota MalangWali Kota Malang SutiajiPresiden Joko Widodo

Berita Lainnya

Berita

Terbaru